Salah satu kelebihan utama Maktabah Syamilah adalah kemampuan mencari satu kata/kalimat dalam Al-Qur'an dan kitab dengan sangat cepat. Dengan sekali klik kita akan dengan mudah menemukan ayat, hadits dan juga ibarot kitab yang sedang kita cari.

Untuk pencarian ayat dan dan kata-kata atau kalimat yang terdapat dalam Al-Qur'an disediakan layanan khusus, berikut akan kami langkah-langkagnya:

1. Klik ikon "بحث" (pencarian), yang berada pada urutan keenam dari arah kanan. Atau bisa juga dengan klik menu "بحث", lalu pilih "في القران الكريم" (Dalam Al-Qur'anul Karim).



2. Tulis atau paste ayat, kata atau kalimat yang dicari pada kolom pencarian. Semisal kita mencari penggalan ayat "وحرم الربا" (Dan Allah mengharamkan riba). Setelah itu klik ikon gambar teropong dibagian bawah atau bisa juga langsung klik tombol ENTER.


3. Berdasarkan hasil pencarian tersebut kita tahu bahwa kalimat "وحرم الربا" tersebut terdapat pada surat Al-Baqoroh, ayat 275.

Selain untuk mengetahui letak surat dan ayat suatu kata atau kalimat, dengan cara diatas dapat dipakai untuk mencari berapa kali suatu kata atau kalimat disebutkan dalam Al-Qur'an.

Contohnya kita akan mencari berapa kali kata "الربا" (Riba) disebutkan dalam Al-Qur'an, coba kita ketik kata "الربا" pada kolom pencarian, lalu ENTER, hasilnya akan seperti ini;



Dari hasil pencarian diatas kita akan dengan mudah mengetahui pada surat apa saja dan pada ayat berapa terdapat kata "الربا".   

Enaknya lagi, selain hasil pencarian tersebut menampilkan kata/kalimat yang kita cari, pada bagian atas terdapat kolom yang berisi daftar nama-nama kitab tafsir yang terdapat dalam Maktabah Syamilah. Dengan mengklik salah satu nama daftar kitab-kitab tersebut maka akan ditampilkan tafsir Al-Qur'an untuk ayat yang sedang kita baca.

Contohnya pada hasil pencarian kalimat "وحرم الربا",  kita klik "تفسير ابن كثير" (Tafsir Ibnu Katsir), maka akan menampilkan seperti ini;


Dan jika kita ingin membaca keterangan pada kitab tafsir tersebut dengan halaman penuh, klik ikon "عرض كامل للكتاب" (Menampilkan kitab secara sempurna) yang bergambar kitab terbuka, letaknya dipojok kanan atas, kedua dari kanan. Berikut ini tampilannya;



Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...
 
Top