Imam Ibnu Hajar ketika ditanya tentang hukum ilmu aufaq (ilmu tentang rajah/jimat) beliau menjawab :

Ilmu aufaq menjelaskan tentang keserasian beberapa bilang dan menjadikannya dalam bentuk tertentu, semisal dengan bentuk 9 rumah yang jumlah bilangan pada setiap arahnya 15. Ilmu ini dimanfaatkan untuk mendapatkan beberapa hajat, membebaskan orang yang sedang disekap dan pada saat melahirkan (memudahkan kelahiran bayi), dan hal-hal sejenis lainnya, ketentuannya بطد زهج واح.

Imam Ghozali - semoga Allah senantiasa merahmati beliau - menaruh perhatian besar pada ilmu ini, sampai-sampai ilmu ini dinisbatkan pada beliau.

Ilmu ini tidaklah membahayakan (boleh dipelajari dan digunakan) asalkan digunakan untuk perkara yang mubah, berbeda halnya jika digunakan untuk membantu keharaman (maka hukumnya juga haram).

Referensi :
Al-Fatawa Al-Haditsiyah, hal. 2

وسُئل فسح الله فِي مدَّته: مَا حكم علم الأوفاق؟ فَأجَاب نفع الله بِعُلُومِهِ: بِأَن علم الأوفاق يرجع إِلَى مناسبات الْأَعْدَاد وَجعلهَا على شكل مَخْصُوص، وَهَذَا كَأَن يكون بشكل من تسع بيُوت مبلغ الْعدَد من كل جِهَة خَمْسَة عشر، وَهُوَ ينفع للحوائج وَإِخْرَاج المسجون وَوضع الْجَنِين وكل مَا هُوَ من هَذَا الْمَعْنى وضابطه بطد زهج واح، وَكَانَ الْغَزالِيّ رَحمَه الله يعتني بِهِ كثيرا حَتَّى نسب إِلَيْهِ وَلَا مَحْذُور فِيهِ إِن اسْتعْمل لمباح بِخِلَاف مَا إِذا استعين بِهِ على حرَام.
 
Top