PERTANYAAN  
> Aan
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh... 
.
Nak tnyk lgi :)
Misal ad seseorang yg pada saat puasa ramadhan, di malam hri nya iya lupa membaca niat, lalu dia trtidur dan bngun saat sudah pagi, saat dia bngun trsebut bru dia ingat bahwa semalan lupa membaca niat puasa, dan saat dia ingat bru dia membaca niat trsebut ( di pagi hari) 
Prtnyaan'nya : gmna puasanya trsebut, sah kah?? Atau tdk sah dan dia hrus mnggantinya?? Syukran

JAWABAN
> Si Bolang 
mnrt madhab syafi,i. Tdk sah puasax.

( قوله النية ) ولا بد من النية لكل يوم، لان صوم كل يوم عبادة مستقله لتخلل ما يناقض الصوم بين اليومين كالصلاتين يتخللهما السلام.. فلا بد من ايقاع النية ليلا.. ( الباجورى على ابن قاسم ج ١ ص ٢٨٨ )

> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam Wr.Wb 

"Orang yang lupa berniat pada malam hari dan terbangun pada pagi hari dan ia ingat belum berniat pada malam hari kemudian ia berniat pada pagi hari, sahkah puasanya?" Hal inilah yang ditanyakan sahabat fillah Aan. Untuk menanggapi pertanyaan yang sudah diajukan tersebut maka bisa disimpulkan sebagai berikut:

Menurut Madzhab Syafi'i niat puasa diwajibkan pada malam hari dan bila seseorang itu lupa berniat pada malam hari hingga terbitnya pajar maka puasanya tidak sah tanpa ada perbedaan pendapat dikalangan Syafi'iyyah dan wajib baginya mengqodho'nya. Namun dianjurkan bila lupa berniat puasa pada malam hari dan melakukan pada awal siangnya (batasnya qobloz-zawal_Tergelincir matahari) untuk mengambil kemanfaatan dari pendapat Imam Abu Hanifah yang membolehkan niat puasa romadhon dilakukan pada siang hari demi kehati-hatian.

Dari pemaparan diatas bisa ditarik suatu pemahaman bila dikaitkan dengan pertanyaan pada post diatas bahwa apabila seseorang lupa berniat pada malam hari dan ia melakukan niat pada pagi hari maka puasanya tidak sah menurut Madzhab Syafi'i karena Madzhab ini mensyaratkan niat puasa romadhon dilakukan pada malam hari dan wajib mengqodho'nya. Namun Madzhab Syafi'i menganjurkan melakukan niat pada pagi hari dengan mengikuti pendapat Abu Hanifah yang membolehkan niat pada pagi hari demi untuk kehati-hatian. Jadi, bila berniat pagi hari puasanya sah dengan mengikuti pendapat Abu Hanifah dan hendaknya ia berniat taqlid pada pendapat tersebut dan sahlah puasanya dan bila ada waktu sudah berakhirnya Romadhon hendaknya diqodho' puasa tersebut demi kehati-hatian.

Wallahu A'lamu Bis Showaab

المجموع شرح المهذب ج 1 ص 310-316 مطبعة المنيرية
إذا نسي نية الصوم في رمضان حتى مطلع الفجر لم يصح صومه بلا خلاف عندنا ، لأن شرط النية الليل ، ويلزمه إمساك النهار ، ويجب قضاؤه ; لأنه لم يصمه ، ويستحب أن ينوي في أول نهاره الصوم عن رمضان ، لأن ذلك يجزئ عند أبي حنيفة فيحتاط بالنية .

> Si Bolang 
dan oleh sbab itu, imam syafi,i taklid / menyetujui pndpt imam maliki, dikala niat puasa mlm pertama dibedakan dgn mlm kedua dst. apabila suatu mlm lupa tdk niat puasa, mka niat puasa mlm pertama tsb bsa menambal niat yg suatu mlm tsb tdk niat puasa. ini niat puasa mlm pertama. نويت صوم شهر رمضان كله / من جميع فرضا لله تعالى. niat puasa mlm kedua dst, نويت صوم غد عن اذاء فرض شهر رمضان هذه السنة لله تعالى.
وعند الامام مالك، انه يكفى نية صوم جميع الشهر فى اول ليلة منه، وللشافعى تقليده فى ذلك لءلا ينسى النية فى ليلة.

Link Asal>>


 
Top