Assalamu'alaikum.
Maaf saya ingin bertanya, saya telah beberapa kali melaksanakan ibadah haji dan umroh, kebetulan pula saya adalah penggemar batu akik. Ketika berada di Makkah dan Madinah saya melihat batu-batu yang bagus dan ingin saya bawa pulang, namun sampai saat ini saya belum berani lakukan karena belum mengetahui hukumnya. Yang ingin saya tanyakan adalah:

Bagaimana hukum membawa pulang batu dari tanah haram?
Terima kasih.

(Dari: Habibi Ya Habibi).

Jawaban:

Wa 'alaikumus salam warahmatullah.
Makkah dan Madinah merupakan tanah haram, yaitu tanah yang didalamnya berlaku beberapa aturan syari'at. Hal ini telah disabdakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam haditsnya:

عَنْ عَبَّادِ بْنِ تَمِيمٍ، عَنْ عَمِّهِ عَبْدِ اللهِ بْنِ زَيْدِ بْنِ عَاصِمٍ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: إِنَّ إِبْرَاهِيمَ حَرَّمَ مَكَّةَ وَدَعَا لِأَهْلِهَا، وَإِنِّي حَرَّمْتُ الْمَدِينَةَ كَمَا حَرَّمَ إِبْرَاهِيمُ مَكَّةَ

Dari 'Abbad bin Tamim dari pamannya Abdullah bin Zaid bin 'Ashim, bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya Nabi Ibrahim mengharamkan Makkah dan mendoakan penduduknya, sedangkan aku mengharamkan Madinah sebagaimana Nabi Ibrahim mengharamkan Makkah". (Shahih Muslim juz 2 hal. 991 no. 1360).

Dalam hadits lain disebutkan:

وَقَالَ يَوْمَ فَتْحِ مَكَّةَ: إِنَّ هَذَا البَلَدَ حَرَّمَهُ اللَّهُ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ، فَهُوَ حَرَامٌ بِحُرْمَةِ اللَّهِ إِلَى يَوْمِ القِيَامَةِ، وَإِنَّهُ لَمْ يَحِلَّ القِتَالُ فِيهِ لِأَحَدٍ قَبْلِي، وَلَمْ يَحِلَّ لِي إِلَّا سَاعَةً مِنْ نَهَارٍ، فَهُوَ حَرَامٌ بِحُرْمَةِ اللَّهِ إِلَى يَوْمِ القِيَامَةِ، لاَ يُعْضَدُ شَوْكُهُ، وَلاَ يُنَفَّرُ صَيْدُهُ، وَلاَ يَلْتَقِطُ لُقَطَتَهُ إِلَّا مَنْ عَرَّفَهَا، وَلاَ يُخْتَلَى خَلاَهُ. فَقَالَ العَبَّاسُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِلَّا الإِذْخِرَ؟ فَإِنَّهُ لِقَيْنِهِمْ وَلِبُيُوتِهِمْ. قَالَ: إِلَّا الإِذْخِرَ

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda pada hari pembebasan Makkah: "Sesungguhnya negeri ini Allah telah haramkan sejak Dia menciptakan langit dan bumi. Makkah adalah tanah haram dengan pengharaman Allah hingga hari kiamat. Sesungguhnya Tidak halal untuk berperang bagi siapapun sebelumku dan tidak halal pula bagiku kecuali sesaat pada siang hari. Makkah adalah tanah haram dengan pengharaman Allah hingga hari kiamat. Janganlah memotong pohon berduri. Jangan mengusir binatang buruannya. Jangan memungut barang tercecer kecuali untuk mengumumkannya. Tidak boleh memotong rerumputannya. Abbas bertanya: Wahai Rasulullah, apakah dikecualikan Idzkhir? karena diperlukan untuk tukang besi mereka dan rumah-rumah mereka". Rasulullah menjawab: "Dikecualikan Idzkhir". (Shahih al Bukhari juz 4 hal. 104 no. 3189).

Sebelum menjawab pertanyaan inti, ada baiknya bapak ketahui terlebih dahulu batas-batas tanah haram.

Imam Nawawi menjelaskan:
"Batas tanah haram dari arah Madinah adalah setelah Tan'im di perkampungan Bani Nighar, 3 mil dari Makkah. Dari arah Yaman terletak di ujung Adhati Libn, 7 mil dari Makkah. Dari arah Thaif di Arafah di lembah Namirah, 7 mil dari Makkah. Dari arah Irak di jalur bukit Bilmaqtha', 7 mil dari Makkah. Dari arah Ji'ranah di perkampungan Alu Abdullah bin Khalid, 9 mil dari Makkah. Dari jalur Jedah potongan A'syasy, 10 mil dari Makkah".

Adapun tanda-tanda batas memasuki atau keluar dari tanah haram baik Makkah maupun Madinah saat ini telah dipasang tanda tugu permanen dan terdapat tulisan dalam bahasa Arab maupun bahasa asing selain Arab.

Mengenai hukum membawa pulang batu yang berasal dari tanah haram ke tanah halal (selain Makkah dan Madinah) ulama berbeda pendapat. Imam Syafi'i dan sebagian ulama pengikutnya menghukumi haram.  Ulama Hanabilah dan sebagian ulama Syafi'iyah menghukumi makruh. Sedangkan ulama Hanafiyah menghukumi boleh.

Imam Syafi'i berkata:
“Tidak ada kebaikan dalam mengeluarkan batu tanah haram dan tanahnya ke tanah halal. Karena ia mempunyai kehormatan yang telah nyata ketetapnnya dibanding tempat lain. Dan saya tidak memandang –wallahu ta’ala a’lam- boleh seorangpun memindahkannya dari tempat yang membuatnya berbeda dari daerah-daerah lain sehingga menjadi sama seperti lainnya".

Imam al Mawardiy dan ulama lainnya memberikan tambahan:
"Jika seseorang membawanya keluar dari tanah haram maka ia wajib mengembalikannya".

Imam Ahmad bin Hanbal berkata:
"Tidak boleh seseorang mengeluarkan tanah dari tanah haram atau memasukkannya dari tanah halal, tidak pula mengeluarkan bebatuan tanah Makkah ke tanah halal. Dan mengeluarkannya sangat dimakruhkan".

Imam As Sarakhsiy dari kalangan Hanafiyah berkata:
"Boleh bagi seseorang mengeluarkan tanah dan bebatuannya dari tanah haram ke tanah halal menurut kami. Imam Ibnu Abi Laila berkata: "Aku memakruhkan hal itu berdasarkan riwayat Umar dan Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma bahwa mereka berdua memakruhkan demikian. Tetapi kami berkata: "Apa saja yang boleh dimanfaatkan di tanah haram maka boleh dikeluarkan dari tanah haram seperti tumbuh-tumbuhan, dan apa saja yang tidak boleh dimanfaatkan di tanah haram maka tidak boleh dikeluarkan dari tanah haram seperti binatang buruan".

Nah demikianlah dalil dan uraian para ulama mengenai hukum membawa tanah dan batu dari tanah haram. Karena bapak berasal dari Indonesia yang mayoritas menganut madzhab Syafi'iyah maka sebaiknya Anda berpegang pada qaulnya Imam Syafi'i yang berpandangan bahwa tanah haram memiliki kemuliaan melebihi tempat lainnya dan telah tertera pula dengan dalil nash. Wallahu a'lam.

(Dijawab oleh: Al Murtadho).

Referensi:

Al Majmu' Syarh al Muhadzab juz 7 hal. 463

فحد الحرم من جهة المدينة دون النتعيم عند بيوت نفار على ثلاثة أميال من مكة ومن طريق اليمن طرف اضاة لبن في ثنية لبن على سبعة أميال من مكة ومن طريق الطائف على عرفات من بطن نمرة على سبعة أميال ومن طريق العراق على ثنية جبل بالمقطع على سبعة أميال ومن طريق الجعرانة في شعب آل عبد الله بن خالد على تسعة أميال ومن طريق جدة منقطع الأعشاش على عشرة أميال من مكة. هكذا ذكر هذه الحدود أبو الوليد الأزرقي في كتاب مكة وأبو الوليد هذا أحد أصحاب الشافعي الآخذين عنه الذين رووا عنه الحديث والفقه

Al Umm juz 7 hal. 155

قال الشافعي رحمه الله تعالى : لا خير في أن يخرج من حجارة الحرم ولا ترابه شيء إلى الحل لأن له حرمة ثبتت باين بها ما سواها من البلدان ولا أرى -والله تعالى أعلم- أن جائزا لأحد أن يزيله من الموضع الذي باين به البلدان إلى أن يصير كغيره

Al Majmu' Syarh al Muhadzab juz 7 hal. 458

وقال القاضي أبو الطيب في كتابه المجرد قال الشافعي في الجامع الكبير ولا أجيز في أن يخرج من حجارة الحرم وترابه شيئا إلى الحل لأن له حرمة قال وقال في القديم ثم أكره إخراجهما قال الشافعي ورخص بعض الناس في ذلك واحتج بشراء البرام من مكة قال الشافعي هذا غلط فإن البرام ليست من حجارة الحرم بل تحمل من مسيرة يومين أو ثلاثة من الحرم. هذا نقل القاضي وهكذا نقل الأصحاب عن الشافعي نحو هذا فحصل خلاف للأصحاب في أن إخراجهما مكروه أو حرام قال المحاملي وغيره فإن أخرجه فلا ضمان قال الماوردي وغيره وإذا أخرجه فعليه رده إلى الحرم

Kasyaf al Qana' juz 2 hal. 472

قال) الإمام (أحمد لا يخرج من تراب الحرم ولا يدخل إليه من الحل) كذلك قال ابن عمر وابن عباس (ولا يخرج من حجارة مكة إلى الحل والخروج أشد يعني في الكراهة) واقتصر في الشرح على الكراهة. وقال بعض أصحابنا يكره إخراجه إلى الحل وفي إدخاله في الحرم روايتان

Al Mabsuth lis Sarakhsiy juz 30 hal. 161

ولا بأس بأن يخرج الرجل من تراب الحرم وحجارته إلى الحل عندنا وقال ابن أبي ليلى أكره ذلك لما روي عن عمر وابن عباس رضي الله تعالى عنهما  أنهما كرها ذلك ولكنا نقول ما جاز الانتفاع به في الحرم يجوز إخراجه من الحرم كالنبات وما لا يجوز إخراجه من الحرم لا يجوز الانتفاع به في الحرم كالصيد

 
Top