Pertanyaan:
Assalamu Alaikum
Bagaimana hukumnya memegang, mengambil dan membawa al qur'an dengan tangan kiri?? Monggo di jawab dengn terperinci dan menggunakan ta'bir yg shorih.

( Dari: Bintang Timur )


Jawaban:
Wa'alaikum salam warohmatulloh wabarokatuh

Dalam satu hadits dijelaskan;

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُحِبُّ التَّيَامُنَ، يَأْخُذُ بِيَمِينِهِ، وَيُعْطِي بِيَمِينِهِ، وَيُحِبُّ التَّيَمُّنَ فِي جَمِيعِ أُمُورِهِ

"Dari Aisyah, dia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam suka memulai sesuatu dengan yang kanan, beliau mengambil dengan tangan kanan, memberi dengan tangan kanan, dan suka memulai dengan yang kanan dalam segala perkara." (Sunan Nasa'i, no.5059)

Imam Nawawi dalam Syarah Muslim menjelaskan; para ulama' telah sepakat bahwa segala sesuatu yang masuk dalam kategori kemuliaan, perhiasan, kebersihan dan hal-hal baik lainnya seperti memakai sepatu atau sepatu, memotong atau menyisir rambut, memotong kuku, wudhu, masuk masjid, memberikan sedekah dan hal-hal lainnya  disunatkan untuk mendahulukan bagian kanan. edangkan untuk selain hal-hal yang baik atau perkara yang kotor disunatkan mendahulukan bagian kiri.

Selain itu, Imam Ghozali menjelaskan bahwa salah satu cara syukur pada nikmat Allah yang berupa 2 tangan adalah dengan menggunakan tangan kanan untuk hal-hal yang baik, seperti mengambil mushaf al-qur'an, sebab Allah menciptakan tangan kanan lebih kuat dari tangan kiri, karena itu tangan kanan lebih mulia dari tangan kiri. Karena itulah jika ada orang yang mengambil mushaf, semisal dengan tangan kiri maka ia telah menempatkan sesuatu yang mulia pada sesuatu yang rendah, dan juga telah mengurangi hak dan mendholiminya.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa memegang, mengambil dan membawa mushaf al-qur'an dengan tangan kiri adalah perbuatan yang menyelisihi kesunahan dan merupakan tindakan kufur pada nikmat Allah. Wallahu a'lam.

( Dijawab oleh: Al-Murtadlo dan Siroj Munir )


Referensi:
1. Sunan An-Nasa'i, Jilid: 8  Hal: 133

أخبرنا محمد بن معمر، قال: حدثنا أبو عاصم، عن محمد بن بشر، عن أشعث بن أبي الشعثاء، عن الأسود بن يزيد، عن عائشة قالت: «كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يحب التيامن، يأخذ بيمينه، ويعطي بيمينه، ويحب التيمن في جميع أموره

2. Syarah Shohih Muslim Lin-Nawawi, Jilid: 14  Hal: 74-75

أما فقه الأحاديث ففيه ثلاث مسائل أحدها يستحب البداءة باليمنى في كل ما كان من باب التكريم والزينة والنطافة ونحو ذلك كلبس النعل والخف والمداس والسراويل والكم وحلق الرأس وترجيله وقص الشارب ونتف الإبط والسواك والاكتحال وتقليم الأظفار والوضوء والغسل والتيمم ودخول المسجد والخروج من الخلاء ودفع الصدقة وغيرها من أنواع الدفع الحسنة وتناول الأشياء الحسنة ونحو ذلك الثانية يستحب البداءة باليسار فى كل ماهو ضد السابق في المسألة الأولى فمن ذلك خلع النعل والخف والمداس والسراويل والكم والخروج من المسجد ودخول الخلاء والاستنجاء وتناول أحجار الاستنجاء ومس الذكر والامتخاط والاستنثار وتعاطى المستقذارات وأشباهها الثالثة يكره المشي في نعل واحدة أو خف واحد أومداس واحد لا لعذر ودليله هذه الأحاديث التي ذكرها مسلم قال العلماء وسببه أن ذلك تشويه ومثله ومخالف للوقار ولأن المنتعلة تصير أوفع من الأخرى فيعسر مشيه وربما كان سببا للعثار وهذه الآداب الثلاثة التي في المسائل الثلاث مجمع على استحبابها وأنها ليست واجبة

3. Faidhul Qodir, Jilid: 6  Hal: 311

 قال الغزالي: على العبد شكر النعمة في جميع أفعاله فمن استنجى بيمينه أو مس بها فرجه فقد كفر نعمة اليدين لأن الله تعالى خلقهما وجعل إحداهما أقوى من الأخرى فاستحقت الأقوى بمزيد رجحانها للتشريف والتفضيل وتفضيل الناقص عدول به عن العدل والله لا يأمر إلا بالعدل والأعمال بعضها شريف كأخذ المصحف وبعضها خسيس كإزالة الخبث فإذا أخذت المصحف باليسار وأزلت الخبث أو مسست الفرج باليمين فقد خصصت الشريف بالخسيس فنقصته حقه وظلمته
 
Top