Oleh : Ust. KH. Abdullah Afif
SEPUTAR SHALAT IED
1. Hukum sholat Ied
Imam Nawawi dalam Kitab Majmu’ juz V halaman 3 menerangkan:
فِي مَذَاهِبِ الْعُلَمَاءِ فِي صَلَاةِ الْعِيدِ
Madzhab Ulama dalam shalat Ied
قَدْ ذَكَرْنَا أَنَّهَا سُنَّةٌ مُتَأَكِّدَةٌ عِنْدَنَا وَبِهِ قَالَ مَالِكٌ وَأَبُو حَنِيفَةَ وَدَاوُد وَجَمَاهِيرُ الْعُلَمَاءِ وَقَالَ بَعْضُ أَصْحَابِ أَبِي حَنِيفَةَ فَرْضُ كِفَايَةٍ وَعَنْ أَحْمَدَ رِوَايَتَانِ كَالْمَذْهَبَيْنِ
Telah kami jelaskan bahwa shalat ied hukumnya sunnah muakkad. Dengan pendapat ini berkata Imam Malik, Imam Abu Hanifah, Imam Dawud dan jumhur Ulama. Ashab Imam Abu Hanifah berkata bahwa shalat ied hukumnya fardhu kifayah. Riwayat dari Imam Ahmad ada dua seperti dua madzhab diatas
2. Waktu Shalat Ied
Imam Syaerozi dalam kitab Muhadzdzab (Majmu 5/3) menerangkan:
ووقتها ما بين طلوع الشمس إلى ان تزول والافضل ان يؤخرها حتى ترتفع الشمس قيد رمح والسنة أن يؤخر صلاة الفطر ويعجل الاضحي لما روى عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي بَكْرِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم كتب له " أن يقدم الاضحي ويؤخر الفطر
waktu shalat ied mulai terbitnya matahari sampai dengan matahari bergeser dari tengah langit (lingsir Jw). Afdhalnya shalat ied diakhirkan sehingga matahari naik kadar satu tombak. Sunnahnya shalat iedul Fihtri diakhirkan, sementara shalat iedul adha diajukan. Hal itu karena hadits yang driwayatkan oleh Abdullah bin Abu Bakar bin Muhammad bin Hazm dari bapaknya dari kakeknya, sesungguhnya Rasullullah shallallaahu ‘alaihi wasallam menulis kepadanya, bahwasanya agar dia memajukan iedul adha dan mengakhirkan iedul fithri. Link KitabMajmu’
http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=14&ID=2763
Catatan: Hadits diatas diriwayatkan oleh Imam Syafi’I dalam kitab Musnadnya (bersama al Umm juz VIII halaman 471, cetakan tahun 1410 H – 1990 M Daar al Fikr). Berikut sanad dan matannya:
أخبرنا إبراهيم بن محمد أخبرني أبو الحويرث أن رسول اللَّه صلى اللَّه عليه وسلم كتب إلى عمرو بن حَزْم وهو بنجران" أَنْ عَجِّلِ الْأَضَاحِي وَأَخِّرِ الفِطْرَ وَذَكِّرِ النَّاسَ
Telah mengkhabarkan kami Ibrahim bin Muhammad, telah mengkhabarkan kami Abul Huwairits, sesungguhnya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam menulis kepada Amr bin Hazm. Dia berada di Najran, “Ajukanlah adhahi dan akhirkanlah fithr dan berilah nasihat (kepada) umat manusia”.
3. Shalat ied dua rakaat
Dalam kitab Muhadzdab (Majmu’ 5/15) diterangkan:
وصلاة العيد ركعتان لقول عمر رضى الله عنه " صلاة الاضحى ركعتان وصلاة الفطر ركعتان وصلاة السفر ركعتان
shalat ied dua rakaat, karena ucapan Umar radhiyallaahu ‘anhu : Shalat iedul adha dua rakaat, shalat iedul fithri dua rakaat, shalat safar dua rakaat…..
Imam Nawawi dalam kitab Majmu menjelaskan:
حَدِيثُ عُمَرَ " صَلَاةُ الْأَضْحَى رَكْعَتَانِ " إلَى آخِرِهِ حَدِيثٌ حَسَنٌ رَوَاهُ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ وَالنَّسَائِيِّ وَغَيْرُهُمَا
Hadits Umar : SHALATUL ADHAA RAK’ATAANI dst
Shalat iedul adha dua rakaat dst. adalah hadits hasan, diriwayatkan oleh Ahmad bin Hanbal , Nasai dan yang lainnya.
catatan: Dalam sunan Nasai juz III halaman 111, cetakan Toha Putera
أخبرنا إبراهيم بن محمد قال نا يحيى عن سفيان قال نا زبيد عن عبد الرحمن بن أبي ليلى قال قال عمر صلاة المسافر ركعتان وصلاة الاضحى ركعتان وصلاة الفطر ركعتان وصلاة الجمعة ركعتان تمام وليس بقصر على لسان رسول الله صلى الله عليه وسلم
….dari Abdurrahman bin Abu laila berkata, Umar berkata: Shaat musafir dua rakaat, shalat adha dua rakaat, shalat fithri dua rakaat dan shalat Jumat dua rakaat sempurna tidak qashar atas sbada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Link KitabMajmu’:
http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=14&ID=2763
Link Sunan Nasai:
http://islamport.com/d/1/mtn/1/16/294.html
4. Khutbah ied dua kali
Keterangan dari:
1. Kitab Taqrib halaman 90 (Fiqh madzhab Syafi’i)
ويخطب بعدها خطبتين يكبر في الأولى تسعا وفي الثانية سبعا
Dan berkhutbah setelah shalat ied dengan khutbah dua kali……
2. Dalam Kitab Fat_hul Qadier Libni Humaam 3/266 (Fiqh Madzhab Hanafi)
ثُمَّ يَخْطُبُ بَعْدَ الصَّلَاةِ خُطْبَتَيْنِ
Kemudian khutbah setelah sshalat dengan khutbah dua kali
3. Dalam kitab hasyiyah Shawi ‘ala syarhishshaghier 2/409 (Fiqh madzhab Maliki)
( وَ ) نُدِبَ ( خُطْبَتَانِ كَالْجُمُعَةِ ) يَجْلِسُ فِي أَوَّلِ الْأُولَى وَأَوَّلِ الثَّانِيَةِ ، يُعَلِّمُ النَّاسَ فِيهِمَا زَكَاةَ الْفِطْرِ وَمَنْ تَجِبُ عَلَيْهِ ، وَوُجُوبَ إخْرَاجِهَا يَوْمَ الْفِطْرِ وَحُرْمَةَ تَأْخِيرِهَا عَنْهُ ، وَالضَّحِيَّةَ وَمَنْ تَتَعَلَّقُ بِهِ وَمَا تُجْزِئُ مِنْهَا وَمَا لَا تُجْزِئُ فِي النَّحْرِ
Dan disunnahkan dua khutbah seperti Jumat……
4. dalam kitab al Mugni Libni Qudamah 2/239 (Fiqh madzhab Hanbali)
فإذا سلم خطب بهم خطبتين يجلس بينهما
ketika salam, mak berkhutbah untuk jama’ah dengan dua khutbah, dia duduk antara keduanya
5. Dalam kitab Al Muhalla 3/202 (Ibn Hazm)
فَإِذَا سَلَّمَ الإِمَامُ قَامَ فَخَطَبَ النَّاسَ خُطْبَتَيْنِ يَجْلِسُ بَيْنَهُمَا جِلْسَةً
ketika mam salam, maka dia (imam) berdiri, berkhutbah untuk jama’ah dengan dua khutbah, duduk antara keduanya
6. Dalam kitab Sunan al Baihaqi al Kubra 3/299
وَأَخْبَرَنَا أَبُو زَكَرِيَّا بْنُ أَبِى إِسْحَاقَ وَغَيْرُهُ قَالُوا حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ الأَصَمُّ أَخْبَرَنَا الرَّبِيعُ أَخْبَرَنَا الشَّافِعِىُّ أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنِى عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَعْبَدٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ قَالَ : السُّنَّةُ أَنْ يَخْطُبَ الإِمَامُ فِى الْعِيدَيْنِ خُطْبَتَيْنِ يَفْصِلُ بَيْنَهُمَا بِجُلُوسٍ.
…dari Ubaidillah bin Abdullah bin Utbah, berkata:
Sunnahnya Imam berkhutbah dalam dua ied dengan dua khutbah. Dia memisahkan antara keduanya dengan duduk
5. Takbir shalat Ied
1. Rakaat pertama tujuh kali, rakaat kedua lima kali
Dalam kitabTaqrib halaman 76
وصلاة العيدين سنة مؤكدة وهي ركعتان يكبر في الاولى سبعا سوى تكبيرة الإحرام وفي الثانية خمسا سوى تكبيرة القيام
Shalat ied sunnah muakkadah. Shalat ied dua rakaat, bertakbir pada rakaat pertama tujuh kali selain takbiratul Ihram, dan pada rakaat kedua lima kali selain takbir berdiri (dari rakaat pertama).
Dalam Sunan Tirmidzi Juz II halaman 24 hadits nomor 534, cetakan ke II tahun 1403 H - 1983 M , daar al fikr :
حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ عَمْرٍو أَبُو عَمْرٍو الْحَذَّاءُ الْمَدِينِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نَافِعٍ الصَّائِغُ عَنْ كَثِيرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَبَّرَ فِي الْعِيدَيْنِ فِي الْأُولَى سَبْعًا قَبْلَ الْقِرَاءَةِ وَفِي الْآخِرَةِ خَمْسًا قَبْلَ الْقِرَاءَةِ وَفِي الْبَاب عَنْ عَائِشَةَ وَابْنِ عُمَرَ وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو حَدِيثُ جَدِّ كَثِيرٍ حَدِيثٌ حَسَنٌ
...dari Katsier bin Abdullah dari bapaknya dari kakeknya, sesungguhnya Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam bertakbir dalam dua ied [ada rakaat pertama tujuh kali sebelum membaca (Fatihah) dan dirakaat akhir lima kali sebelum membaca (Fatihah). link Sunan Tirmidzi:
http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=2&ID=492
2. Antara dua takbir ied disunnahkan membaca dzikir
Dalam kitab Syarah Imam Nawawi 'ala shahih Muslim juz VI halaman 180, cetakan ke III tahun 1389 H - 1978 M, Daar al Fikr:
وجمهور العلماء يرى هذه التكبيرات متوالية متصلة وقال عطاء والشافعي وأحمد : يستحب بين كل تكبيرتين ذكر الله تعالى ، وروي هذا أيضا عن ابن مسعود رضي الله عنه
Jumhur Ulama berpendapat bahwa takbir-tabir ini berturut- berturut dan muttasil. Imam Atha, Imam Syafi'i dan Imam Ahmad berkata : Disunnahkan antara dua takbir berdzikir kepada Allah Ta'ala. Ini juga diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud radhiyallaahu 'anhu. Link :
http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=53&ID=2497
Dalam Sunan al Baihaqi al Kubra 3/291:
أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ الْفَقِيهُ أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَيُّوبَ أَخْبَرَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَلْقَمَةَ أَنَّ ابْنَ مَسْعُودٍ وَأَبَا مُوسَى وَحُذَيْفَةَ خَرَجَ إِلَيْهِمُ الْوَلِيدُ بْنُ عُقْبَةَ قَبْلَ الْعِيدِ فَقَالَ لَهُمْ : إِنَّ هَذَا الْعِيدَ قَدْ دَنَا فَكَيْفَ التَّكْبِيرُ فِيهِ؟ فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ : تَبْدَأُ فَتُكَبِّرُ تَكْبِيرَةً تَفْتَتِحُ بِهَا الصَّلاَةَ وَتَحْمَدُ رَبَّكَ وَتُصَلِّى عَلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- ، ثُمَّ تَدْعُو وَتُكَبِّرُ وَتَفْعَلُ مِثْلَ ذَلِكَ ، ثُمَّ تُكَبِّرُ وَتَفْعَلُ مِثْلَ ذَلِكَ ، ثُمَّ تُكَبِّرُ وَتَفْعَلُ مِثْلَ ذَلِكَ ، ثُمَّ تُكَبِّرُ وَتَفْعَلُ مِثْلَ ذَلِكَ ، ثُمَّ تَقْرَأُ وَتَرْكَعُ ، ثُمَّ تَقُومُ فَتَقْرَأُ وَتَحْمَدُ رَبَّكَ وَتُصَلِّى عَلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- ثُمَّ تَدْعُو ، ثُمَّ تُكَبِّرُ وَتَفْعَلُ مِثْلَ ذَلِكَ ، ثُمَّ تُكَبِّرُ وَتَفْعَلُ مِثْلَ ذَلِكَ ، ثُمَّ تُكَبِّرُ وَتَفْعَلُ مِثْلَ ذَلِكَ ، ثُمَّ تُكَبِّرُ وَتَفْعَلُ مِثْلَ ذَلِكَ وَهَذَا مِنْ قَوْلِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ مَوْقُوفٌ عَلَيْهِ فَنُتَابِعُهُ فِى الْوُقُوفِ بَيْنَ كُلِّ تَكْبِيرَتَيْنِ لِلذِكْرِ إِذْ لَمْ يُرْوَ خِلاَفُهُ عَنْ غَيْرِهِ وَنُخَالِفُهُ فِى عَدَدِ التَّكْبِيرَاتِ وَتَقْدِيمِهِنَّ عَلَى الْقِرَاءَةِ فِى الرَّكْعَتَيْنِ جَمِيعًا بِحَدِيثِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- ثُمَّ فِعْلِ أَهْلِ الْحَرَمَيْنِ وَعَمَلِ الْمُسْلِمِينَ إِلَى يَوْمِنَا هَذَا وَبِاللَّهِ التَّوْفِيقُ.
Link:
http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?idfrom=6044&idto=6045&bk_no=71&ID=1293
Wallaahu A'lam. SUMBER :
http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/489110804445066/?comment_id=489216764434470&offset=0&total_comments=12