" Apabila ma’mum khawatir ia akan ketinggalan imam, lebih baik ia membaca do’a qunut yang pendek saja, seperti dengan membaca “ ALLOHUMMAGHFIRLI YA GHOFUR “, karena membaca do’a qunut tidak diharuskan memakai do’a qunut sebagaimana diajarkan oleh Nabi."

Pertanyaan :

Assalamu'alaikum wr.wb.....
Mau tanya seputar sholat tarawih cak !seperti yang kita ketahui kalau awal bulan puasa tahun ini kan tidak kompak.ada yang hari jum'at dan ada yang hari sabtu,,nah kalau fin-nishfi tsani min syahri romadhon ( saat puasa romadhon sudah mendapat separo ) kan ada qunutnya tuh..yang saya tanyakan, seandainya imamnya ikut puasa hari sabtu dan makmum semua ikut hari jum’at gimana qunutnya ?otomatis kan sudah hitungan 15 untuk makmum, tapi belum untuk imam ! mohon jawaban referensi dan solsi, walaupun hanya perkara sunnah, syukron !

( Cholida Baeti Nizar )


Jawaban :

Salah satu syarat dari sholat jama'ah adalah makmum tidak menyelisihi imam dalam kesunatan yang dianggap " mencolok " ( Fakhisyah ) sepertihalnya  tahiyat awal, namun jika kesunatan tersebut tidak fakhisyah maka boleh menyelisihi imam dalam hal tersebut, seperti imamnya tidak qunut, namun makmumnya melakukan qunut. Jadi diperbolehkan bagi ma’mum untuk melakukan do’a qunut meskipun imamnya tidak melakukannya dengan ketentuan.

Namun, disunatkan melakukan do’a qunut tadi sekiranya ma’mum sudah selesai mengerjakan do’a qunut waktu imam sujud. Jika makmum baru selesai membaca do’a qunut sewaktu imam duduk diantara dua sujud, hukumnya makruh. Bahkan bisa menjadi harom jika selesainya do’a qunut sewaktu imam sudah akan merunduk untuk mengerjakan sujud kedua. Dan jika sampai imam sudah sujud kedua ia belum selesai melakukan do’a qunut maka sholatnya batal.

Karena itulah, apabila ma’mum khawatir ia akan ketinggalan imam, lebih baik ia membaca do’a qunut yang pendek saja, seperti dengan membaca “ ALLOHUMMAGHFIRLI YA GHOFUR “, karena membaca do’a qunut tidak diharuskan memakai do’a qunut sebagaimana diajarkan oleh Nabi.

Dan apabila ma’mum tidak melakukan do’a qunut maka konsekuensinya ia disunatkan melakukan sujud sahwi, meskipun ia meninggalkannya dengan sengaja.

( Oleh : Mazz Rofii, Muhammad Nasir dan siroj Munir )


Referensi :

1. Referensi : Fathul Mu’in, Hal : 183
2. I’anatut Tholibin, Juz : 2  hal ; 38
3. Al Fiqhul Manhaji, Juz : 1  Hal : 146
4. I’anatut Tholibin, Juz : 1  Hal : 197

Ibarot :

Referensi : Fathul Mu’in, Hal : 183

ومنها موافقة في سنن تفحش مخالفة فيها فعلا أو تركا
فتبطل صلاة من وقعت بينه وبين الإمام مخالفة في سنة كسجدة تلاوة فعلها الإمام وتركها المأموم عامدا عالما بالتحريم.
وتشهد أول فعله الإمام وتركه المأموم أو تركه الإمام وفعله المأموم عامدا عالما وإن لحقه على القرب حيث لم يجلس الإمام للاستراحة لعدوله عن فرض المتابعة إلى سنة أما إذا لم تفحش المخالفة فيها فلا يضر الإتيان بالسنة كقنوت أدرك مع الإتيان به الإمام في سجدته الأولى وفارق التشهد الأول بأنه فيه أحدث قعودا لم يفعله الإمام وهذا إنما طول ما كان فيه الإمام فلا فحش

I’anatut Tholibin, Juz : 2  hal ; 38

قوله: في سجدته الأولى) قد تقدم أنه إن علم أنه يدرك الإمام فيها سن له التخلف للإتيان به، وإن علم أنه لا يتم قنوته إلا بعد جلوس الإمام بين السجدتين كره له التخلف، وإن علم أنه لا يتمه إلا بعد هويه للسجدة الثانية حرم عليه التخلف، فإن تخلف لذلك ولم يهو للأولى إلا بعد هوى الإمام للسجدة الثانية بطلت صلاته

Al Fiqhul Manhaji, Juz : 1  Hal : 146

وتؤدي سنة القنوت بأن يثني المصلي على الله تعالى ويدعوه بأي لفظ شاء كأن يقول: "اللهم أغفر لي يا غفور" ولكن الكمال في أدائها يكون بالتزام الدعاء الوارد عن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - في ذلك

I’anatut Tholibin, Juz : 1  Hal : 197

لترك بعض ) واحد من أبعاض ولو عمدا
....................................
قوله: لترك بعض) أي يقينا كما يدل عليه قوله الآتي ولشك فيه.
وإنما سن السجود حينئذ لأن الأبعاض من الشعائر الظاهرة المختص طلبها بالصلاة.
قوله: ولو عمدا) الغاية للرد على من يقول بعدم سجوده حين إذ تركه عمدا لتقصيره بتفويته السنة على نفسه


-
 
Top