Assalamu 'alaikum.
1. Cairan yang keluar dari farji saat permulaan jimak itu najis apa tidak?
2. Seumpama najis, bagaimana kalau jimak lalu ada tamu datang kemudian Mr P-nya dilepas dan mengenai sarung, sarung itu jadi najis apa tidak?

(Dari: M. Ridwan Flasher).

Jawaban:

Wa 'alaikumus salam warahmatullah.
Beberapa waktu lalu telah kami kupas tentang keharaman bersetubuh dalam keadaan alat kelamin bernajis. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel kami yang berjudul: Hukum Berhubungan Intim Saat Alat Dalam Keadaan Najis.

Dan mengenai pertanyaan dari saudara, bahwa cairan putih bening agak kental yang keluar saat terangsang atau syahwat sedang tinggi disebut madzi, ini hukumnya najis berdasarkan kesepakatan para ulama.

Memang pada saat terjadi persetubuhan cairan ini dima'fu (dimaafkan) karena diperlukan sebagai lubricant (pelumas) dan tidak dima'fu ketika berada di luar persetubuhan. Jadi, bila madzi mengenai anggota badan selain kelamin ataupun menempel pada pakaian maka kembali menjadi najis yang tidak dima'fu dan tidak sah dipakai untuk shalat. Wallahu a'lam.

(Dijawab oleh Al Murtadho).

Referensi:

Nihayah al Muhtaj juz 2 hal. 234

ﻗﻮﻟﻪ: ﻣﻦ ﺗﻨﺠﺲ ﺫﻛﺮﻩ ﺃﻱ ﺑﻐﻴﺮ ﺍﻟﻤﺬﻱ، ﺃﻣﺎ ﺑﻪ ﻓﻼ ﻳﺤﺮﻡ ﺑﻞ ﻳﻌﻔﻰ ﻋﻦ ﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﺣﻘﻪ ﺑﺎﻟﻨﺴﺒﺔ ﻟﻠﺠﻤﺎﻉ ﺧﺎﺻﺔ ﻷﻥ ﻏﺴﻠﻪ ﻳﻔﺘﺮﻩ، ﻭﻗﺪ ﻳﺘﻜﺮﺭ ﺫﻟﻚ ﻣﻨﻪ ﻓﻴﺸﻖ ﻋﻠﻴﻪ، ﻭﺃﻣﺎ ﺑﺎﻟﻨﺴﺒﺔ ﻟﻐﻴﺮ ﺍﻟﺠﻤﺎﻉ ﻓﻼ ﻳﻌﻔﻰ ﻋﻨﻪ

Al Majmu' Syarh al Muhadzdzab juz 2 hal. 144

أن المذي لا يوجب الغسل وأنه نجس، وأنه يجب غسل النجاسة ، وأن الخارج من السبيل إذا كان نادرا لا يكفي في الاستنجاء منه الحجر بل يتعين الماء وأنه يجب الغسل من المني، وأن المذي وغيره من النادرات يوجب الوضوء، وأنه يجوز الاستنابة في الاستفتاء، وأنه يجوز العمل بالظن وهو خبر الواحد هنا، مع القدرة على اليقين بالمشافهة، وأنه يستحب مجاملة الأصهار والتأدب معهم بترك الكلام فيما يتعلق بمعاشرة النساء أو يتضمنه; وأنه يستحب الاحتياط في استيفاء المقصود، ولهذا أمر بغسل الذكر، والواجب منه موضع النجاسة فقط، هذا مذهبنا ومذهب الجمهور

Nail al Authar juz 1 hal. 73

أن الغسل لا يجب لخروج المذي قال في الفتح: وهو إجماع وعلى أن الأمر بالوضوء منه كالأمر بالوضوء من البول وعلى أنه يتعين الماء في تطهيره لقوله: {كفا من ماء وحفنة من ماء} واتفق العلماء على أن المذي نجس، ولم يخالف في ذلك إلا بعض الإمامية
 
Top