PERTANYAAN:
Assalamu alaikum
Mau nanya para ustadz..
Kalo kita membuang satu huruf dalam suraoh al- fatihah dalam sholat..
Apakah ada imam yang memperbolehkannya???
(Mazz O'on)

JAWABAN:
Wa'alaikumussalam Wr.Wb

CARA MEMBACA SURAT AL_FATIHAH SAAT SHALAT

CARA MEMBACA AL_FATIHAH
Disunahkan membaca al_Fatihah dengan tertil bagi semua yang membaca berdasarkan firman Allah:
ورتل القرآن ترتيلا
"Dan bacalah al_Quran dengan tartil".(QS.Al_Muzammil: 3-4)

Imam Syafi'i mengatakan bila meninggalkan dari Al_Fatihah satu huruf dari hurufnya seperti Alif, Laam atau selainnya tidak sah shalatnya.

Ulama Syafi'iyyah mengatakan: Demikian juga bila meninggalkan sebagian Tasydid yang terdapat pada Al_Fatihah tidak sah shalatnya. Akan tetapi masalah ini Imam Syafi'i tidak ada menerangkannya (meninggalkan taaydid tidak sah shalat). Tetapi Ahli Lughoh (bahasa) dan Arab mengatakan bahwa tasydid merupakan tempat berdiri huruf kareba semua tempat yang ada tasydid maka adalah tempat huruf, maka apabila meninggalkan tasydid maka juga meninggalkan huruf.

Dalam surat Al_Fatihah ada 14 tasydid:
1. Tasydid Lam pada: بسم الله.
2. Taaydid Ro' pada: الرحمن
3. Tasydid Ro' pada: الرحيم
4. Tasydid  lam pada: لله
5. Tasydid Ba' pada: رب
6.Taaydid Ro' pada: الرحمن
7.Tasydid Ro' pada: الرحيم
8.Tasydil Daal pada: الدين
9.Tasydid Yaa' pada: إياك
10.Taaydid Yaa pada:وإياك
11.Tasydid Shod pada: الصراط
12.Tasydid laam pada: الذين
13.Tasydid Dhoodh pada: الضالين
14. Tasydid laam terakhir pada: الضالين
Wallahu A'lamu Bis Showaab

CATATAN:
Fokus Madzhab Syafi'i bila membuang atau meninggalkan satu huruf dari Al_Fatihah maka tidak sah shalat, inilah yang Imam Syafi'i terangkan. Mengenai ada tidak Imam lain yang membolehkan maka sejauh pengetahuan saya belum menjumpai,z karena saya tidak mendalami semua kitab dari empat Madzhab hanya madzhab yang saya ikuti saja, yaitu Madzhab Syafi'i.

Referensi:
Al_Bayan Fi Fiqh al_Imam as_Syafi'i II/186-187:
[فرع كيفية القراءة]
] : والمستحب: أن يقرأ قراءة مرتلة، من غير عجلة، ولا تمطيط. ويستحب ذلك لكل قارئ في الصلاة وغيرها؛ لِقَوْلِهِ تَعَالَى: {وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ} [المزمل: ٤] [المزمل: ٣] . إلا أنه في الصلاة أشد استحبابًا؛ لأن القراءة تجب فيها دون غيرها.
 قال الشافعي: (فإن أخل ببعض الفاتحة، أو بحرف من حروفها: إما ألف، أو لام، أو غير ذلك. . لم تجزئه صلاته) .
قال أصحابنا: وكذلك إذا ترك بعض التشديد الذي فيها. . لم تصح صلاته. ولم ينص عليه الشافعي، ولكن أهل اللغة والعربية قالوا: التشديد يقوم مقام حرف؛ لأن كل موضع ذكر فيه التشديد، فإنه قد أدغم مكانه حرفًا، فإذا ترك التشديد. . فكأنه قد ترك حرفًا.
وفي الفاتحة أربع عشرة تشديدة:
الأولى: تشديدة اللام في: بسم الله.
الثانية: تشديدة الراء من: الرحمن.
الثالثة: تشديدة الراء من: الرحيم.
الرابعة: تشديدة اللام من: لله.
الخامسة: تشديدة الباء من: رب.
السادسة: تشديدة الراء من: الرحمن.
السابعة: تشديدة الراء من: الرحيم.
الثامنة: تشديدة الدال من: الدين.
التاسعة: تشديدة الياء من: إياك.
العاشرة: تشديدة الياء من: وإياك.
الحادية عشرة: تشديدة الصاد من: الصراط.
الثانية عشرة: تشديدة اللام من: الذين.
الثالثة عشرة: تشديدة الضاد من: الضالين.
الرابعة عشرة: تشديدة اللام الأخيرة من: الضالين.

Mujawwib: Ismidar Abdurrahman as_Sanusi

Link Diskusi:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1481848505196463/
 
Top