PERTANYAAN:
>>Aan
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
.
Mau nnyk ni
1.Apa ad amalan untk bsa cepat paham di dalam sebuah pelajaran ??
2.Apa amalan supaya bsa cepat menghafal dan susah lupanya ?? ( udh prnah baca di buku" agama, tpi amalannya trlalu pnjng, ap ad yg lbih mudah, ya wlaupun ngk mudah" x lah, krna hrus ad usaha jga )
Trima ksih

JAWABAN:
Link Terkait>
0555. AMALAN AGAR HAFALAN KUAT DAN TIDAK MUDAH LUPA YANG BERSUMBER DARI RASULULLAH SAW.
[https://madzhabfikih.blogspot.co.id/2017/05/0555-amalan-agar-hafalan-kuat-dan-tidak.html]

No.1 . Berikut amalan supaya mudah menghafal dan tidak mudah lupa:

Dalam kitab Durratu an-Nashihin ada keterangan :

من اراد ان يحفظ العلم فعليه ان يلازم خمس خصال : الاولى صلاة الليل ولوركعتين , الثانية دوام الوضوء , والثالثة التقوى في السر والعلانية , والرابعة ان ياءكل للتقوى لاللشهوات , والخامسة السواك

"Barang siapa yang ingin menghafal ilmu, maka ia mesti melakukan lima perkara : pertama, shalat malam (Tahajjud) walaupun hanya dua rakaat, kedua, terus menerus punya wudhu (menjaga wudhu), ketiga, bertaqwa kepada Allah, baik ditempat sepi maupun ramai. ke-empa, makan untuk meningkatkan ketaqwaan, bukan karena mengikuti hawa nafsu. kelima, rajin bersiwak".
(Durratun Nashihin hal. 15)

Dalam kitab Ta'lim Mutaalim juga dijumpai keterangan :

واقوى اسباب الحفظ : الجد والماظبة وتقليل الغداء والصلاة الليل , وقراءة القران من اسباب الحفظ , قيل : ليس شيء ازيد للحفظ من قراءة القران نظرا .

"Dan adapun sebab-sebab yang paling utama untuk kuat hafalan ialah bersungguh-sungguh, ulet, tidak banyak makan, dan shalat malam. Adapun membaca al-Quran termasuk penyebab kuat hafalan. Ada ulama' yang berkata : Tidak ada sesuatupun yang lebih menambah kuatnya hafalan dari pada membaca al-Quran sambil melihat al-Quran".
(Kitab Ta'lim Mutaalim hal. 54).

Tidak lupa juga jauhi perkara yang menyebabkan lupa.

Masih dalam Kitab Ta'lim Mutaalim :

واما ما يورث النسيان فهو: المعاصى وكثرة الذنوب والهموم والاحزان في امور الدنيا, وكثرة الاشتغال والعلائق, وقد ذكرنا انه لا ينبغي للعاقل ان يهتم لامر الدنيا لانه يضر ولا ينفع, وهموم الدنيا لا تخلو عن الظلمة في قلب, وهموم الاخرة لا تخلو عن النور في قلب, ويظهر اثره في الصلاة, فهم الدنيا يمنعه من الخيرات, وهم الاخرة يحمله عليه 

Penyebab lupa adalah laku laku maksiat, banyak dosa, gila dan gelisah karena urusan dunia. Seperti telah kami kemukakan diatas, bahwa orang yang berakal itu jangan tergila-gila dengan perkara dunia, karena akan membahayakan dan sama sekali tidak ada manfaatnya. Gila dunia tak lepas dari akibat kegelapan hati, sedang gila akhirat tak lepas dari akibat hati bercahaya yang akan terasakan dikala shalat. Kegilaan dunia akan menghalangi berbuat kebajikan, tetapi kegilaan akhirat akan membawa kepada amal kebajikan.

واما اسباب نسيان العلم : فاكل الكزيرة الرطبة, والفتاح الحامض, والنظر الى المصلوب, وقراءة الخط المكتوب على حجارة القبور, والمرور بين قطار الجمال, والقاء القمال الحي على الارض, والحجامة على نقرة القفا, كلها يورث النسيان

Sebab-sebab yang membuat mudah lupa, yaitu makan ketumbar, buah apel masam, melihat salib, membaca tulisan pada kuburan, berjalan diselan-sela unta terakit, membuang ke tanah kutu yang masih hidup, dan berbekam pada tngkuk kepala.
Singkirilah itu semua, karena membuat orang jadi pelupa.

Imam Syafi'i pernah berkata :

"Aku telah mengadukan kepada Imam Waki' (guru Imam Syafi'i) tentang buruknya hafalanku lalu beliau memberi nasehat kepadaku agar meninggalkan segala macam maksiat, karena bahwasanya hafal ilmu itu adalah karunia Allah dan Karunia Allah itu tidak akan dihadiahkan kepada orang-orang yang berbuat maksiat".

Terakhir ; Jangan males mengulang hafalan karena pepatah Arab mengatakan :

التكرار يفيد القرار

"Mengulang-ulang itu dapat menjadikan kuat hafalan".

والله اعلم بالصواب

No.2. Berikut amalan supaya lebih cepat memehami sebuah pelajaran:

AMALAN DIBERIKAN KECERDASAN MELEBIHI LAINNYA

1.
رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي (25) وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي (26) وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي (27) يَفْقَهُوا قَوْلِي (28)

ROBBISY ROHLY SHODRY WA YASSIRLY AMRY WAHLUL 'UQDATAN MIN LISAANY YAFQOHUU QOULY (3X) QS. THOOHAA 25-28

2.
فَفَهَّمْنَاهَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُودَ الْجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ (79

FA FAHHAMANAAHAA SULAIMAANA WA KULLAN ATAYNAA HUKMAN WA 'ILMAN WA SAKHKHORNAA MA'A DAAWUUDAL JIBAALA YUSABBIHNAA WAT THOIIIR (1x) QS. AL-ANBIYAA 79

* Dibaca setiap mau belajar dan akan ujian

3. Kalo bisa setiap malam jumat baca surat al-Kahfi 3 kali dan bila sampai pada ayat :

فَوَجَدَا عَبْدًا مِنْ عِبَادِنَا آتَيْنَاهُ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِنَا وَعَلَّمْنَاهُ مِنْ لَدُنَّا عِلْمًا (65)

FAWAJADAA 'ABDAN MIN 'IBAADINAA AATAINAAHU ROHMATAN MIN 'INDINAA WA 'ALLAMNAAHU MIN LADUNNAA 'ILMAN
(al-Kahfi ayat 65)

diam sejenak, pejamkan mata dan memohon "YA ALLAH BERIKAN AKU JUGA ILMU LADUNNI SEBAGAIMANA YANG TELAH ENGKAU BERIKAN PADA HAMBAMU-NABI KHIDHIR 'ALAIHIS SALAM"

Semoga bermanfaat!
Wallahu A'lamu Bis Showaab

Mujaawwib sekaligus penyunting: [Ismidar Abdurrahman As-Sanusi]

Link Diskusi>>
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1555949987786314/

 
Top