PERTANYAAN:
🔪 Ahmad Maulana 🔪
Assalu'alaikum..
Maaf ada satu hal lg, kalau puasa tidur seharian sampai menjelang maghrib baru bangun gimana status puasanya sah tidak?
Mkch, ditunggu jawabannya
Wassalam
JAWABAN:
🔪 Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 🔪
Wa'alaikumussalam Wr. Wb
Menurut pendapat yang dijadikan Madzhab dalam Madzhab Syafi'i dan diputuskan Mayoritas Ulama bila sudah berniat pada malam hari puasanya sah. Sedangkan menurut Abu Thoyyib bin Salamah dan Abu Sa'id al_Istakhry puasanya tidak sah, ini juga pendapat yang diceritakan al_Bandaniji dari Ibn Suraij. Akan tetapi Ulama sepakat bila tidur seharian dan bangun sebentar (dalam hari itu) dan tidur lagi maka puasanya sah.
CATATAN:
Meskipun mengikuti pendapat Madzhab Syafi'i dan Mayoritas Ulama yang menyatakan sah puasa bila tidur seharian maka tentunya banyak kerugian yang didapat pada hari itu, karena besar kemungkinan hari itu meninggalkan shalat, lagi pula hari Ramadhan merupakan hari yang utama bahkan bila hari_harinya diisi dengan amal kebajikan lebih utama dilakukan daripada hari_hari lain.
Wallahu A'lamu Bis Showaab
Referensi:
Al_Majmuu' ala Syarh al_Muhadzdzab VI/346:
(إحْدَاهَا) إذَا نَامَ جَمِيعَ النَّهَارِ وَكَانَ قَدْ نَوَى مِنْ اللَّيْلِ صَحَّ صَوْمُهُ عَلَى الْمَذْهَبِ وَبِهِ قَالَ الْجُمْهُورُ وَقَالَ أَبُو الطَّيِّبِ بْنُ سَلَمَةَ وَأَبُو سعيد الاصطخرى لا يصح وحكاه الْبَنْدَنِيجِيُّ عَنْ ابْنِ سُرَيْجٍ أَيْضًا وَدَلِيلُ الْجَمِيعِ فِي الْكِتَابِ وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّهُ لَوْ اسْتَيْقَظَ لَحْظَةً مِنْ النَّهَارِ وَنَامَ بَاقِيَهُ صَحَّ صَوْمُه
Link Diskusi:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1523895027658477/


 
Top