Soal: Assalamu alaikum.. bagaimana hukumnya khotib yang memegang tongkat ketika hendak berkhutbah? Terima kasih.

(Pertanyaan dari: Ari Putra Yanuar)

Jawab: Wa'alaikum salam warohmatullah wabarakatuh

     Dalam satu hadits diriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam  memegang tongkat saat khutbah, sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Juraij, beliau berkata;
قُلْتُ لِعَطَاءٍ:  أَكَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُومُ إِذَا خَطَبَ عَلَى عَصًا؟ قَالَ:  نَعَمْوَكَانَ يَعْتَمِدُ عَلَيْهَا اعْتِمَادًا.
“Aku bertanya pada Atho’, “Apakah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ketika khutbah berdiri dengan memegang tongkat?” beliau menjawab; “Ya, beliau menggunakannya sebagai pegangan.” (Sunan Baihaqi, no.5752)
     Dalam hadits lainnya dkisahkan bahwa Nabi memegang tombak data berkhutbah, sebagaimana diriwayatkan Atho’;

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا خَطَبَ يَعْتَمِدُ عَلَى عَنَزَتِهِ اعْتِمَادًا

“Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memegang tombak ketika berkhutbah, sebagai pegangan.” (Musnad Syafi’i, 1/77).

     Dalam sebuah hadits juga diceritakan bahwa Nabi memegang panah saat berkhutbah, sebagaimana diriwayatkan oleh Syu'aib bin Zuraiq Ath Tha`ifi radhiyallahu ‘anhu;

جَلَسْتُ إِلَى رَجُلٍ لَهُ صُحْبَةٌ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقَالُ لَهُ الْحَكَمُ بْنُ حَزْنٍ الْكُلَفِيُّ فَأَنْشَأَ يُحَدِّثُنَا قَالَ وَفَدْتُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَابِعَ سَبْعَةٍ أَوْ تَاسِعَ تِسْعَةٍ فَدَخَلْنَا عَلَيْهِ فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ زُرْنَاكَ فَادْعُ اللَّهَ لَنَا بِخَيْرٍ فَأَمَرَ بِنَا أَوْ أَمَرَ لَنَا بِشَيْءٍ مِنْ التَّمْرِ وَالشَّأْنُ إِذْ ذَاكَ دُونٌ فَأَقَمْنَا بِهَا أَيَّامًا شَهِدْنَا فِيهَا الْجُمُعَةَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَامَ مُتَوَكِّئًا عَلَى عَصًا أَوْ قَوْسٍ فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ كَلِمَاتٍ خَفِيفَاتٍ طَيِّبَاتٍ مُبَارَكَاتٍ ثُمَّ قَالَ أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّكُمْ لَنْ تُطِيقُوا أَوْ لَنْ تَفْعَلُوا كُلَّ مَا أُمِرْتُمْ بِهِ وَلَكِنْ سَدِّدُوا وَأَبْشِرُوا  قَالَ أَبُو عَلِيٍّ  سَمِعْت أَبُو دَاوُد قَالَ ثَبَّتَنِي فِي شَيْءٍ مِنْهُ  بَعْضُ أَصْحَابِنَا وَقَدْ كَانَ
انْقَطَعَ مِنْ الْقِرْطَاسِ.

"Aku duduk di samping seorang sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang bernama Al Hakam bin Hazn Al Kulafi, lalu dia menceritakan kepada kami, katanya; "Aku pernah menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersama dengan tujuh atau sembilan orang, setelah kami masuk menemui beliau, kami bertanya; "Wahai Rasulullah, kami mengunjungi anda, oleh karena itu, do'akanlah kebaikan untuk kami." Maka beliau memerintahkan supaya kami di suguhi kurma, pada waktu itu, kondisi dalam situasi lemah. Kami pun tinggal di Madinah beberapa hari, kami juga mengikuti pelaksanaan shalat Jum'at bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, saat itu beliau berdiri bertopang pada tongkat atau busur, lalu beliau memuji Allah dan menyanjung-Nya dengan beberapa patah kata ringan, baik lagi penuh berkah, beliau bersabda: "Wahai sekalian manusia, sesungguhnya kalian tidak akan mampu mengerjakan semua yang di perintahkan kalian, akan tetapi bertindaklah yang benar dan berilah kabar gembira." Abu Ali berkata; "Aku mendengar Abu Daud berkata; "Para sahabat kami telah meneguhkan sesuatu dari hadits tersebut, sebab kertas-kertas telah terputus." (Sunan Abu Dawud, No.1096)

      Para ulama’ menjelaskan bahwa hikmah disunahkannya memegang tongkat saat berkhutbah adalah agar khotib (orang yang berkhutbah) tidak mempermainkan tangannya dan untuk mengikat hati (berkonsentrasi) pada khutbahnya.

     Berdasarkan hadits diatas ulama’-ulama’ madzhab Syafi’i dan para fuqoha’ yang sependapat dengan beliau menyatakan bahwa hukum memegang tongkat saat khutbah bagi khotib adalah sunah. Wallahu a’lam.

     (Dijawab oleh: Kudung Khantil Harsandi Muhammad, Mazz Rofii, Muqit Ismunoer dan Siroj Munir)

Referensi:
1. Al-Umm, juz1 hal. 272
 [الخطبة على العصا]
قال الشافعي - رحمه الله تعالى - : وبلغنا «أن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - كان إذا خطب اعتمد على عصا» ، وقد قيل خطب معتمدا على عنزة، وعلى قوس وكل ذلك اعتماد أخبرنا الربيع قال أخبرنا الشافعي قال أخبرنا إبراهيم عن ليث عن عطاء «أن رسول  الله - صلى الله عليه وسلم - كان إذا خطب يعتمد على عنزته اعتمادا
2. Sunan Baihaqi, juz 3 hal. 292
أخبرنا أبو زكريا بن أبي إسحاق المزكي، أنبا أبو عبد الله بن يعقوب الشيباني، ثنا أبو أحمد محمد بن عبد الوهاب، أنبا جعفر بن عون، عن ابن جريج قال: قلت لعطاء: أكان رسول الله صلى الله عليه وسلم يقوم إذا خطب على عصا؟ قال: نعم، وكان يعتمد عليها اعتمادا
3. Subulus Salam, juz 1 hal. 418
وعن الحكم بن حزن - رضي الله عنه -: «شهدنا الجمعة مع النبي - صلى الله عليه وسلم
 -، فقام متوكئا على عصا أو قوس» . رواه أبو داود
.................................................
 [للخطيب الاعتماد على سيف أو نحوه وقت خطبته]
(وعن الحكم بن حزن) بفتح المهملة وسكون الزاي فنون، والحكم قال ابن عبد البر: إنه أسلم عام الفتح وقيل: يوم اليمامة، وأبوه حزن بن أبي وهب المخزومي قال: «شهدنا الجمعة مع رسول الله - صلى الله عليه وسلم - فقام متوكئا على عصا أو قوس» . رواه أبو داود) تمامه في السنن «فحمد الله، وأثنى عليه كلمات خفيفات طيبات مباركات ثم قال: أيها الناس إنكم لن تطيقوا أو لن تفعلوا كل ما أمرتم به ولكن سددوا ويسروا» ، وفي رواية "، وأبشروا "، وإسناده حسن وصححه ابن السكن وله شاهد عند أبي داود من حديث البراء «أنه - صلى الله عليه وسلم - كان إذا خطب يعتمد على عنزة له» ، والعنزة مثل نصف الرمح أو أكبر فيها سنان مثل سنان الرمح. وفي الحديث دليل أنه يندب للخطيب الاعتماد  على سيف أو نحوه  وقت خطبته،  والحكمة  أن في ذلك  ربطا للقلب
ولبعد يديه عن العبث.
4. Fathul Aziz, juz 4 hal. 602
ومنها أن يعتمد على سيف أو عنزة وهي شبه الحربة أو عصا أو نحوها روى انه صلي الله عليه وسلم " كان يعتمد على عنزته اعتمادا " وروى انه اعتمد علي قوس في خطبته " فان لم يجد شيئا سكن جسده  ويديه اما بأن يجعل يده  اليمنى علي اليسرى أو يقرهما مرسلتين. والغرض أن يخشع ولا يعبث بهما
 
Top