PERTANYAAN :
Chabib Musthofa El Qudsy
Assalaamu' alaykum.
1. Bolehkah makan buah mangga yang tumbuh dipekarang an tanah wakaf masjid?
2. Bolehkah menggunaka n air masjid untuk keperluan pribadi? (mencuci, mandi, dll).
Terima kasih atas jawabannya . Jazakumull oh.
Wassalam.
JAWABAN :
>> Mbah Jenggot Putih
wa'alaikum salam
seingat simbah boleh kalau diperuntuk kan buat jama'ah.
buka fathul muin hlmn 90
وثمر المغروس في المسجد ملكه إن غرس له فيصرف لمصالحه
وإن غرس ليوءكل أو جهل الحال فمباح
========
sekalian utk nomor 2 buka hlmn 88
( وسئل ) العلامة الطنبداوي عن الجوابي والجرار التي عند المساجد فيها الماء إذا لم يعلم أنها موقوفة للشرب أو الوضوء أو الغسل الواجب أو المسنون أو غسل النجاسة ( فأجاب ) إنه إذا دلت قرينة على أن الماء موضوع لتع
ميم الإنتفاع جاز جميع
ما ذكر من الشرب وغسل النجاسة وغسل الجنابة وغيرها
ومثال القرينة جريان الناس على تعميم لإنتفاع من غير نكير من فقيه وغيره إذا الظاهر من عدم النكير أنهم أقدموا على تعميم الإنتفاع بالماء بغسل وشرب ووضوء وغسل نجاسة
فمثل هذا إيقاع يقال بالجواز
>> Alif Jum'an Azend
Bagaimana hukumnya uang jariyah masjid digunakan untuk membuat kamar mandi WC dan pagar depan halaman masjid, taman-tama n agar kelihatan indah?
Di halaman masjid kadang ditanami buah-buaha n kemudian hasilnya untuk yang menanam, apakah diperboleh kan?
Jawab:
Uang yang telah disedekahk an atau dijariyahk an kepada masjid dengan wakaf mutlak (tidak ditentukan penggunaan nya), adalah menjadi milik masjid. Dan uang milik masjid tersebut dapat dipergunak an untuk kemaslahat an masjid, demikian pula hasil dari tanaman yang ditanam di tanah masjid.
Dasar Pengambila n:
Kitab Bughyatul Mustarsyid in halaman 66:
(مسئلة ك) قَالَ الْخَطِيْب ُ فِي الْمُغْنِي : وَيُصْرَفُ الْمَوْقُو ْفُ عَلَى الْمَسْجِد ِ وَقْفًا مُطْلَقًا عَلَى عِمَارَتِه ِ فِي الْبِنَاءِ وَالتَّجْص ِيْصِ اَلْمُحْكَ مِ وَالسُّلَّ مِ وَالسُّوَا رَى لِلتَّظْلِ يْلِ بِهَا وَالْمَكَا نِسِ وَالْمَسَا حِي لِيُنْقَلَ بِهَا التُّرَابُ وَفِي ظِلَّةٍ تَمْنَعُ حَطَبَ الْبَابِ مِنْ نَحْوِ الْمَطَرِ إِنْ لَمْ تَضُرَّ بِالْمَارّ َةِ وَفِيْ أُجْرَةِ قَيِّمٍ لاَمُؤَذِّ نٍ وَإِمَامٍ وَحَصْرٍ وَدُهْنٍ لأَنَّ الْقَيِّمَ يَحْفَظُ الْعِمَارَ ةَ بِخِلاَفِ الْبَاقِي فَإِنْ كَانَ الْوَقْفُ لِمَصَالِح ِ الْمَسْجِد ِ صُرِفَ مِنْ رِيْعِهِ لِمَنْ ذُكِرَ لاَ لِتَزْوِيْ قِهِ وَنَقْشِهِ بَلْ لَوْ وُقِفَ عَالَيْهَا لَم يَصِحَّ اهـ اِعْتَمَدَ فِي النِّهَايَ ةِ أَنَّهُ يُصْرَفُ وَمَا بَعْدَهُ فٍي الْوَقْفِ الْمُطْلَق ِ أَيْضًا وَيُلْحَقُ بِالْمُؤَذ ِّنِ الْحَصْرُ وَالدُّهْن ُ.
(Mas'alah Kaf) Imam Khotib dalam kitab Al-Mughni berkata: Apa yang diwakafkan kepada masjid dengan wakaf yang mutlak, dapat dipergunak an untuk memakmurka n masjid, seperti membangun, melabur (melepo) yang sempurna, membuat tangga, membuat tembok yang tinggi untuk berteduh, membeli sapu-sapu, sekop-seko p untuk memindahka n tanah, membuat pelindung yang dapat melindungi kayu pintu dari hujan, jika tidak mengganggu lalu-lalan g, untuk menggaji pengurus, dan tidak boleh untuk menggaji mu'adzdzin dan imam, dan untuk membeli tikar dan minyak lampu, karena pengurus itu menjaga kemakmuran masjid, berbeda dengan lainnya. Jika wakaf itu adalah untuk kemaslahat an masjid, maka hasilnya dapat dipergunak an untuorang- orang yang telah disebutkan , bukan untuk menghias masjid dan mengukirny a. Bahkan andaikata ada orang yang wakaf untuk menghias dan mengukir masjid, hukumnya tidak sah. Dalam kitab An-Nihayah pengarang berlandasa n bahwa sesungguhn ya dalam wakaf mutlak itu dapat dipergunak an juga untuk menggaji tukang adzan, membeli tikar dan minyak untuk lampu
Bahtsul Masaail PP Nurul Hudaa/2001
Link Asal >>
http:// www.faceboo k.com/ groups/ piss.ktb/ permalink/ 46937391308 5422/ ?comment_id =469471363 075677&off set=0&tota l_comments =29
Chabib Musthofa El Qudsy
Assalaamu'
1. Bolehkah makan buah mangga yang tumbuh dipekarang
2. Bolehkah menggunaka
Terima kasih atas jawabannya
Wassalam.
JAWABAN :
>> Mbah Jenggot Putih
wa'alaikum
seingat simbah boleh kalau diperuntuk
buka fathul muin hlmn 90
وثمر المغروس في المسجد ملكه إن غرس له فيصرف لمصالحه
وإن غرس ليوءكل أو جهل الحال فمباح
========
sekalian utk nomor 2 buka hlmn 88
( وسئل ) العلامة الطنبداوي عن الجوابي والجرار التي عند المساجد فيها الماء إذا لم يعلم أنها موقوفة للشرب أو الوضوء أو الغسل الواجب أو المسنون أو غسل النجاسة ( فأجاب ) إنه إذا دلت قرينة على أن الماء موضوع لتع
ميم الإنتفاع جاز جميع
ما ذكر من الشرب وغسل النجاسة وغسل الجنابة وغيرها
ومثال القرينة جريان الناس على تعميم لإنتفاع من غير نكير من فقيه وغيره إذا الظاهر من عدم النكير أنهم أقدموا على تعميم الإنتفاع بالماء بغسل وشرب ووضوء وغسل نجاسة
فمثل هذا إيقاع يقال بالجواز
>> Alif Jum'an Azend
Bagaimana hukumnya uang jariyah masjid digunakan untuk membuat kamar mandi WC dan pagar depan halaman masjid, taman-tama
Di halaman masjid kadang ditanami buah-buaha
Jawab:
Uang yang telah disedekahk
Dasar Pengambila
Kitab Bughyatul Mustarsyid
(مسئلة ك) قَالَ الْخَطِيْب
(Mas'alah Kaf) Imam Khotib dalam kitab Al-Mughni berkata: Apa yang diwakafkan
Bahtsul Masaail PP Nurul Hudaa/2001
Link Asal >>
http://