Pertanyaan :
Assalamualaikum
Apa hukumnya orang membaca Al-Qur'an tapi tidak tahu maknanya?

( Dari : Tho Dho Ain )


Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh

Alloh telah menjanjikan pahala yang besar bagi orang yang membaca al-qur'an yang dihitung berdasarkan huruf yang dibaca, sebagaimana sabda Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam ;

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

"Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitabulloh (al-qur'an), maka dia akan mendapatkan satu pahala kebaikan, dan kebaikan tadi dilipat gandakan sampai sepuluh kali. Aku  tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, akan tetapi alif itu satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." ( Sunan Turmudzi, no.2910 )

Pahala bagi orang yang membaca al-qur'an ini bukan hanya diperuntukkan bagi orang yang membaca dan tau artinya saja, namun juga bagi orang yang membacanya meskipun tak mengerti artinya, hal ini berbeda dengan ketentuan dalam dzikir dimana orang yang berdzikir hanya akan mendapatkan pahala jika ia mengerti artinya, meskipun hanya secara umum saja.

 Diriwayatkan dari Imam Ahmad bin Hanbal rohimahulloh, beliau berkata ;

رأيت الله عز وجل في المنام فقلت يا رب ما أفضل ما تقرب به المتقربون إليك قال بكلامي يا أحمد قال قلت يا رب بفهم أو بغير فهم قال بفهم وبغير فهم

"Aku bermimpi bertemu dengan Alloh azza wajalla saat tidur, lalu aku bertanya : "Wahai Tuhanku, amal apa yang paling utama dikerjakan oleh orang-orang yang ingin mendekatkan diri kepada Engkau ?", Alloh menjawab : ""Dengan firmanku (membaca al-qur'an) wahai Ahmad", beliau (Imam Ahmad) bertanya lagi : "(membaca) dengan memahami artinya atau tanpa memahami artinya ?", Alloh menjawab : "Dengan memahami artinya ataupun tidak memahami artinya".

Hanya saja pahala yang didapatkan orang yang memahami al-qur'an yang dibaca lebih banyak, sebab ia mendapatkan pahala dari merenungi isi kandungan ayat-ayat al-quran, dan sebenarnya merenungi isi kandungan al-qur'an itulah tujuan utama diturunkannya al-qur'an, sebagaimana firman Alloh ;

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

"(ini adalah) sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah, supaya mereka memperhatikan ayat-ayatNya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran." ( Q.S. Shood : 29 )

Maka, sudah sepatutnya bagi orang islam untuk berusaha memahami isi dari al-qur'an, bukan hanya bisa membacanya saja. Wallohu a'lam.

( Oleh : Andy Lawlr, Kudung Khantil Harsandi Muhammad, Poetra Sangfajar, Siroj Munir, Fikry, Abdurrahman As-syafi'i dan Mazz Rofii )



Referensi :
1. Sunan At-Turmudzi, Juz : 5  Hal : 175
2. Hasyiyah Al-Bujairomi Alal Khotib, Juz : 1  Hal : 228-229
3. Ihya' Ulumid Din, Juz : 1  Hal : 274
4. At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur'an, Hal : 65-66



Ibarot :
Sunan At-Turmudzi, Juz : 5  Hal : 175

2910حدثنا محمد بن بشار قال: حدثنا أبو بكر الحنفي قال: حدثنا الضحاك بن عثمان، عن أيوب بن موسى، قال: سمعت محمد بن كعب القرظي يقول: سمعت عبد الله بن مسعود، يقول: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «من قرأ حرفا من كتاب الله فله به حسنة، والحسنة بعشر أمثالها، لا أقول الم حرف، ولكن ألف حرف ولام حرف وميم حرف» [ص:176] ويروى هذا الحديث من غير هذا الوجه عن ابن مسعود «، رواه أبو الأحوص، عن ابن مسعود،» رفعه بعضهم ووقفه بعضهم عن ابن مسعود "،: «هذا حديث حسن صحيح غريب من هذا الوجه» سمعت قتيبة بن سعيد، يقول: «بلغني أن محمد بن كعب القرظي ولد في حياة النبي صلى الله عليه وسلم» ومحمد بن كعب يكنى أبا حمزة

Hasyiyah Al-Bujairomi Alal Khotib, Juz : 1  Hal : 228-229

وسن إدامة نظر محل سجوده) لأنها أقرب إلى الخشوع نعم يسن كما في المجموع في التشهد أن لا يجاوز بصره إشارته لحديث فيه. (وخشوع) وهو حضور القلب وسكون الجوارح لآية {قد أفلح المؤمنون} [المؤمنون: 1] . (وتدبر قراءة) أي: تأملها قال تعالى كتاب أنزلناه إليك مبارك ليدبروا آياته
.....................................
[حاشية البجيرمي]
قوله: أي: تأملها) والظاهر أن المراد بالتأمل إدراك معناه ولو بوجه، ومن الوجه الكافي أن يتصور أن في التسبيح والتحميد ونحوهما تعظيما لله وثناء عليه فلا يثاب على الذكر إلا إن عرف معناه ولو إجمالا بخلاف القرآن فإنه يثاب عليه مطلقا لأنه متعبد بتلاوته. اهـ. ع ش على م ر

Ihya' Ulumid Din, Juz : 1  Hal : 274

وقال أحمد بن حنبل رأيت الله عز وجل في المنام فقلت يا رب ما أفضل ما تقرب به المتقربون إليك قال بكلامي يا أحمد قال قلت يا رب بفهم أو بغير فهم قال بفهم وبغير فهم

At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur'an, Hal : 65-66

فصل : فإذا شرع في القراءة فليكن شأنه الخشوع والتدبر عند القراءة والدلائل عليه أكثر من أن تحصر وأشهر وأظهر من أن تذكر فهو المقصود المطلوب وبه تنشرح الصدور وتستنير القلوب قال الله عز وجل (أفلا يتدبرون القرآن) وقال تعالى (كتاب أنزلناه إليك مبارك ليدبروا آياته) والأحاديث فيه كثيرة وأقاويل السلف فيه مشهورة
 
Top