Pertanyaan :
Asalamualaykum wr.wb.
Nderek tangklet gus n bu nyai... Seumpama ada 7 orang berkorban 1 ekor sapi, dan diantara 7 orang tersebut salah satunya niatnya untuk aqiqah apakah bolehkah?

(Dari : Rachmad Nur Chasan)

Jawaban :
Wa'alaikum salam warahmatullah wabarakatuh

Para ulama' telah menetapkan bahwa sepertihalnya diperbolehkan berkurban dengan seekor sapi untuk 7 orang, begitu juga diperbolehkan mengaqiqahi 7 orang dengan seekor sapi.

Diperbolehkannya berkurban dan beraqiqah dengan seekor sapi untuk 7 orang ini tidak diharuskan orang-orang yang berkurban atau aqiqah memiliki tujuan/niat sama, dalam arti apabila sebagian dari 7 orang tersebut niatnya qurban dan sebagian lainnya niat aqiqah itu juga boleh.

Syekh Al-Qulyubi dalam kitab Hasyiyah-nya menjelaskan;

وَتَجُوزُ مُشَارَكَةُ جَمَاعَةٍ سَبْعَةٍ فَأَقَلَّ فِي بَدَنَةٍ أَوْ بَقَرَةٍ سَوَاءٌ كَانَ كُلُّهُمْ عَنْ عَقِيقَةٍ أَوْ بَعْضُهُمْ عَنْ أُضْحِيَّةٍ

"Dan diperbolehkan patungan yang dilakukan oleh 7 orang atau lebih sedikit dengan seekor unta atau sapi, baik semuanya niatnya untuk aqiqah atau sebagian diantara mereka ada yang niat berkurban."

Wallahu a'lam.

(Dijawab oleh : Imam Al-Bukhori)

Referensi :
1. Nihayatul Muhtaj, Juz : 8 Hal : 146

و) يسن أن يعق عن (جارية) أي أنثى (بشاة) لخبر عائشة: أمرنا رسول الله - صلى الله عليه وسلم - أن نعق عن الغلام بشاتين متكافئتين وعن الجارية بشاة. رواه الترمذي وقال حسن صحيح، ويجزي شاة أو شرك من إبل أو بقر عن الذكر لأنه - صلى الله عليه وسلم - عق عن كل من الحسن والحسين - رضي الله عنهما – بشاة. وآثر الشاة تبركا بلفظ الوارد، وإلا فالأفضل هنا نظير ما مر من سبع شياه ثم الإبل ثم البقر ثم الضأن ثم المعز ثم شرك في بدنة ثم بقرة، ولو ذبح بقرة أو بدنة عن سبعة أولاد جاز

2. Hasyiyah Qulyubi, juz 4 hal. 256

وتجوز مشاركة جماعة سبعة فأقل في بدنة أو بقرة سواء كان كلهم عن عقيقة أو بعضهم عن أضحية أو لا
 
Top