Pertanyaan :
Assalamu 'alaikum
kerabat FK yang di muliakan....
Ada seorang anak kecil naik dipunggung ayahnya waktu solat,
pertanyaan ; apakah sholat orang tersebut batal atau tidak ?
Atas jawabannya dasampaikan trimakasih
( Dari : Assubky Al Masyriq )


Jawaban :
Wa'alaikum salamwarohmatullohi wabarokatuh
Dalam satu hadits disebutkan ;

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي وَهُوَ حَامِلٌ أُمَامَةَ بِنْتَ زَيْنَبَ بِنْتِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلِأَبِي الْعَاصِ بْنِ الرَّبِيعِ فَإِذَا قَامَ حَمَلَهَا وَإِذَا سَجَدَ وَضَعَهَا قَالَ يَحْيَى قَالَ مَالِكٌ نَعَمْ

"Dari Abu Qotadah, sesungguhnya Rosulullah Shollallohu 'alaihi wasallam pernah sholat dalam keadaan menggendong Umamah binti Zainab, putri Rosulullah Shollallahu 'alaihi wasallam -dan dalam riwarayt Abu al-Ash bin ar-Robi'- Apabila beliau berdiri, maka beliau menggendongnya. Dan apabila bersujud maka beliau meletakkannya". (Shohih Muslim, No.844).

Imam Nawawi berkata :"Hadits inilah yang menjadi dalil bagi madzhab syafi'i dan ulama'-ulama' lain yang sependapat tentang kebolehan membawa anak kecil laki-laki atau perempuan saat sholat, baik sholatnya tersebut sholat fardhu atau sunat, dan keolehan tersebut berlaku bagi imam, makmum ataupun orang yang sholat sendirian".

Dari hadits ini pula Imam syafi'i menyimpulkan bahwa hukum asal dari baju yang dipakai anak kecil itu suci selama tidak benar-benar diketahui bahwa baju anak tersebut terkena najis.

Ulama' madzhab syafi'i memberikan perincian mengenai masalah ini sebagai berikut :

  • Jika memang ia yakin atau mempunyai persangkaan yang kuat (dhon gholib) bahwasanya anak kecil tersebut membawa najis yang terdapat pada salah satu qubul (alat kelamin) atau duburnya semisal, maka sholat orang yang membawa anak kecing tersebut batal.

  • Jika ia tidak yakin atau tidak mempunyai dhon gholib bahwa anak tersebut membawa najis, maka terdapat pertentangan antara hukum asal dan hukum pada umumnya (Ta'arudhul Ashli Wal Gholib), berdasar hukum asal, badan anak kecil sekaligus bajunya dihukumi suci, sedangkan pada umunya (Gholib) anak kecil tidak menghindarkan diri dari sesuatu yang najis. Namun dalam hal ini hukum asallah yang dimenangkan, dan sholat anak tersebut dihukumi sah.

Berdasarkan uraian diatas, bisa disimpulkan jawaban ; diperbolehkan menggendong anak kecil saat sholat, baik sholat wajib atau sholat sunat, baik itu sholat jama'ah atau sholat sendirian, dan sholatnya dihukumi sah selama belum diyakini atau ada persangkaan yang kuat anak tersebut membawa najis. Wallohu A'lam

( Oleh : Amien Rowie, Brandal Loka Jaya, Siroj Munir, Sunde Pati dan Mbah Godek ).


Referensi :
1. Syarah An-Nawawi Ala Muslim, Juz : 5 Hal : 31-32
2. Al-Umm, Juz : 1 Hal : 72
3. Hasyiyah Al-Bujairomi Alal Khotib, Juz : 1 Hal : 443
4. Hasyiyah Asy-Syibromilsi, Juz : 2 Hal : 18
5. Qurrotul 'Ain Bifatawi Ismail Az-Zain, Hal : 55


Ibarot :
Syarah An-Nawawi Ala Muslim, Juz : 5 Hal : 31-32

عن أبي قتادة: «أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصلي وهو حامل أمامة بنت زينب بنت رسول الله صلى الله عليه وسلم ولأبي العاص بن الربيع، فإذا قام حملها وإذا سجد وضعها
..........................................
ففيه دليل لصحة صلاة من حمل آدميا أو حيوانا طاهرا من طير وشاة وغيرهما وأن ثياب الصبيان وأجسادهم طاهرة حتى تتحقق نجاستها - الى أن قال - هذا يدل لمذهب الشافعي رحمه الله تعالى ومن وافقه أنه يجوز حمل الصبي والصبية وغيرهما من الحيوان الطاهر في صلاة الفرض وصلاة النفل ويجوز ذلك للإمام والمأموم والمنفرد

Al-Umm, Juz : 1 Hal : 72

قال الشافعي - رحمه الله تعالى - : قال الله عز وجل {وثيابك فطهر} [المدثر: 4] فقيل: يصلي في ثياب طاهرة وقيل: غير ذلك والأول أشبه؛ لأن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - أمر أن يغسل دم الحيض من الثوب فكل ثوب جهل من ينسجه أنسجه مسلم، أو مشرك أو وثني، أو مجوسي أو كتابي، أو لبسه واحد من هؤلاء، أو صبي فهو على الطهارة حتى يعلم أن فيه نجاسة وكذلك ثياب الصبيان؛ لأن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - صلى وهو حامل أمامة بنت أبي العاص وهي صبية عليها ثوب صبي

Hasyiyah Al-Bujairomi Alal Khotib, Juz : 1 Hal : 443

فرع: لو تعلق بالمصلي صبي أو هرة لم يعلم نجاسة منفذهما لا تبطل صلاته؛ لأن هذا مما تعارض فيه الأصل، والغالب إذ الأصل الطهارة والغالب النجاسة، وخرج بقولنا لم يعلم نجاسة منفذهما ما لو علمه، ثم غابت الهرة أو الطفل زمنا لا يمكن فيه غسل منفذهما فهو باق على نجاسته فتبطل صلاته لتعلقهما بالمصلي

Hasyiyah Asy-Syibromilsi, Juz : 2 Hal : 18

قوله: لأنا لا نتيقن نجاسة موضع الإصابة) منه يؤخذ أنه لو تعلق به صبي أو هرة لم يعلم نجاسة منفذهما لا تبطل صلاته؛ لأن هذا مما تعارض فيه الأصل والغالب إذ الأصل الطهارة والغالب النجاسة، وخرج بقولنا لم يعلم نجاسة منفذهما ما لو علمه ثم غابت الهرة والطفل زمنا يمكن فيه غسل منفذهما فهو باق على نجاسته فتبطل الصلاة بتعلقهما بالمصلي

Qurrotul 'Ain Bifatawi Ismail Az-Zain, Hal : 55

سؤال: ما قولكم فيمن يصلى فاعتنقه صبي لم يختتن وتعلق به ومعلوم أن ذلك الصبى لا بد من أن يحمل نجاسة في فرجه فهل صلاته مع ذلك صحيحة أم لا؟
الجواب: إذا كان معلوما أن الصبي المذكور يحمل نجاسة ظاهرة في جلدة قلفة الختان أو في ظاهر فرجه مثلا فصلاة من يحمله باطلة وإن لم يكن معلوما ولا مظنونا ظنا غالبا فصلاة من يحمله صحيحة عملا بأصل الطهارة(1). (1) أما مجرد مماسة لباس الصبي وتعلقه بالمصلي دون أن يحمله فلا تبطل به الصلاة وهو كمن يصلى ويضع تحت قدمه طرف الحبل المتصل بالنجاسة والله أعلم


 Oleh : Siroj Munir  di FIQHKONTEMPORER/doc
 
Top