PERTANYAAN
Sluman Slumun Slemet
Assalamu'a laikum.lan gsung aja.
Ada tanah waqof dari kakek,sebi dang tanah sisa dr tanah waris yg udah dibagi.tan ah waqaf tsb cuma seluas 5mx7m dan letaknya walau ditengah kota tapi terjepit dibelakang pertokoan hanya gang buntu selebar 1m aksesnya.
Ahli waris sbg muwakif bingung mau dimanfaatk an untuk apa.buat musholla,d ekatnya selisih 10mtr udah ada.
Maka,ada inisiatif dijual aja tanah tsb lalu uang hasil penjualan, semuanya dibelikan tanah di desa yg kebetulan ada madrasah + masjid yg membutuhka n perluasan.
Pertanyaan nya,bolehk ah menjual tanah wakaf tsb lalu diganti dg tanah lain? Makasih,po ro asatidz wal masyayih piss. Wassalam.
JAWABAN
Soesilo Bambang Yudhoyono
( وَ ) جَازَ ( شَرْطُ الِاسْتِبْ دَالِ بِهِ ) أَرْضًا أُخْرَى حِينَئِذٍ ( أَوْ ) شَرْطُ ( بَيْعِهِ وَيَشْتَرِ ي بِثَمَنِهِ أَرْضًا أُخْرَى إذَا شَاءَ فَإِذَا فَعَلَ صَارَتْ الثَّانِيَ ةُ كَالْأُولَ ى فِي شَرَائِطِه َا وَإِنْ لَمْ يَذْكُرْهَ ا ثُمَّ لَا يَسْتَبْدِ لُهَا ) بِثَالِثَة ٍ لِأَنَّهُ حُكْمٌ ثَبَتَ بِالشَّرْط ِ وَالشَّرْط ُ وُجِدَ فِي الْأُولَى لَا الثَّانِيَ ةِ ( وَأَمَّا ) الِاسْتِبْ دَالُ وَلَوْ لِلْمَسَاك ِينِ آلَ ( بِدُونِ الشَّرْطِ فَلَا يَمْلِكُهُ إلَّا الْقَاضِي ) دُرَرٌ
Syarah nya :
( قَوْلُهُ : وَجَازَ شَرْطُ الِاسْتِبْ دَالِ بِهِ إلَخْ ) اعْلَمْ أَنَّ الِاسْتِبْ دَالَ عَلَى ثَلَاثَةِ وُجُوهٍ : الْأَوَّلُ : أَنْ يَشْرِطَهُ الْوَاقِفُ لِنَفْسِهِ أَوْ لِغَيْرِهِ أَوْ لِنَفْسِهِ وَغَيْرِهِ ، فَالِاسْتِ بْدَالُ فِيهِ جَائِزٌ عَلَى الصَّحِيحِ وَقِيلَ اتِّفَاقًا .
وَالثَّانِ ي : أَنْ لَا يَشْرُطَهُ سَوَاءٌ شَرَطَ عَدَمَهُ أَوْ سَكَتَ لَكِنْ صَارَ بِحَيْثُ لَا يُنْتَفَعُ بِهِ بِالْكُلِّ يَّةِ بِأَنْ لَا يَحْصُلَ مِنْهُ شَيْءٌ أَصْلًا ، أَوْ لَا يَفِي بِمُؤْنَتِ هِ فَهُوَ أَيْضًا جَائِزٌ عَلَى الْأَصَحِّ إذَا كَانَ بِإِذْنِ الْقَاضِي وَرَأْيِهِ الْمَصْلَح َةَ فِيهِ .
وَالثَّالِ ثُ : أَنْ لَا يَشْرُطَهُ أَيْضًا وَلَكِنْ فِيهِ نَفْعٌ فِي الْجُمْلَة ِ وَبَدَلُهُ خَيْرٌ مِنْهُ رِيعًا وَنَفْعًا ، وَهَذَا لَا يَجُوزُ اسْتِبْدَا لُهُ عَلَى الْأَصَحِّ الْمُخْتَا رِ
Sahlan Albanjari
Boleh ditambahin ga kang?.. Al-alim, al-allamah , alfaqih. Asshufi, assyafi'e Habib Zein bin Sumaith pernah menambahka n keterangan ttg tanah wakaf. Kata beliau. Boleh jual tanah wakaf,tapi peruntukka nnya tidak berubah. Maksudnya, umpama wakaf itu utk masjid, jika dijual, maka hasil harganya dibelikan utk tanah wakaf masjid lagi. Tdk boleh utk pesantren atau lainnya, begitu sebaliknya . Ini bisa terjadi jika memang lahan tanah wakafnya terlalu sempit.
Masaji Antoro
@ Kang Sahlan Albanjari ~ Pendapat yang kakang utarakan tersebut memang ada dasarnya, yakni mengacu pada pendapat Imam hanafi yang memperkena nkan mengganti barang wakafan pada yang lebih manfaat.
وَلاَ يَجُوْزُ اسْتِبْدَا لُ الْمَوْقُو ْفِ عِنْدَنَا وَاِنْ خَرَبَ ، خِلاَفًا لِلْحَنَفِ يَّةِ . وَصُوْرَتُ هُ عِنْدَهُ اَنْ يَكُوْنَ الْمَحَلُّ قَدْ آلَ اِلَى السُّقُوْط ِ فَيُبْدَلُ بِمَحَلٍّ آخَرَ اَحْسَنَ مِنْهُ بَعْدَ حُكْمِ حَاكِمٍ يَرَى صِحَّتَهُ .
"Tidak boleh menukarkan barang wakaf menurut madzhab kami (Syafi'i), walaupun sudah rusak. Berbeda dengan madzhab Hanafi yang membolehka nnya. Contoh kebolehan menurut pendapat mereka adalah apabila tempat yang diwakafkan itu benar-bena r hampir longsor, kemudian ditukarkan dengan tempat lain yang lebih baik dari padanya, sesudah ditetapkan oleh Hakim yang melihat kebenarann ya". (As Syarqawi II/178)
فَاِنْ تَعَطَّلَت ْ مَنَافِعُه ُ بِالْكُلِّ يَّةِ كَدَارٍ اِنْهَدَمَ تْ اَوْ اَرْضٍ خَرَبَتْ وَعَادَتْ مَوَاتًا لَمْ يُمْكِنْ عِمَارَتُه َا اَوْ مَسْجِدٍ اِنْتَقَلَ اَهْلُ الْقَرْيَة ِ عَنْهُ وَصَارَ فِى مَوْضِعٍ لاَ يُصَلَّى فِيْهِ اَوْ ضَاقَ بِاَهْلِهِ وَلَمْ يُمْكِنْ تَوْسِيْعُ هُ فِى مَوْضِعِهِ ، فَاِنْ اَمْكَنَ بَيْعُ بَعْضِهِ لِيُعَمَّر َ بَقِيَّتُه ُ جَازَ بَيْعُ الْبَعْضِ وَاِنْ لَمْ يُمْكِنِ الإِنْتِفَ اعُ بِشَيْءٍ مِنْهُ بِيْعَ جَمِيْعُهُ .
"Jika manfaat dari wakat tersebut secara keseluruha n sudah tidak ada, seperti rumah yang telah roboh atau tanah yang telah rusak dan kembali menjadi tanah yang mati yang tidak mungkin memakmurka nnya lagi, atau masjid yang penduduk desa dari masjid tersebut telah pindah; dan masjid tersebut menjadi masjid di tempat yang tidak dipergunak an untuk melakukan shalat, atau masjid tersebut sempit dan tidak dapat menapung para jama'ah dan tidak mungkin memperluas nya di tempat tersebut, ... jika mungkin menjual sebahagian nya untuk memakmurka n sisanya, maka boleh menjual sebahagian . Dan jika tidak mungkin memanfaatk annya sedikitpun , maka boleh menjual seluruhnya ". (Syarhul Kabir juz III /420)
Sluman Slumun Slemet
Assalamu'a
Ada tanah waqof dari kakek,sebi
Ahli waris sbg muwakif bingung mau dimanfaatk
Maka,ada inisiatif dijual aja tanah tsb lalu uang hasil penjualan,
Pertanyaan
JAWABAN
Soesilo Bambang Yudhoyono
( وَ ) جَازَ ( شَرْطُ الِاسْتِبْ
Syarah nya :
( قَوْلُهُ : وَجَازَ شَرْطُ الِاسْتِبْ
وَالثَّانِ
وَالثَّالِ
Sahlan Albanjari
Boleh ditambahin ga kang?.. Al-alim, al-allamah
Masaji Antoro
@ Kang Sahlan Albanjari ~ Pendapat yang kakang utarakan tersebut memang ada dasarnya, yakni mengacu pada pendapat Imam hanafi yang memperkena
وَلاَ يَجُوْزُ اسْتِبْدَا
"Tidak boleh menukarkan
فَاِنْ تَعَطَّلَت
"Jika manfaat dari wakat tersebut secara keseluruha