Pertanyaan
Adakah dalil bacaan sholawat oleh bilal dalam sholat tarawih?

Jawaban
Membaca sholawat dengan meyakini bagian dari rangkaian pemisah dalam sholat tarawih yang disunahkan secara khusus adalah termasuk bid'ah yang dilarang. Tetapi jika tidak meyakini demikian, seperti membaca sholawat karena disunahkan kapan saja maka tidak termasuk bid'ah yang dilarang.


وسئل العلامة ابن حجر الهيتمي رحمه الله تعالى: هل تسن الصلاة عليه صلى الله عليه وسلم بين تسليمات التراويح أو هي بدعة ينهى عنها؟ (فأجاب): بقوله: الصلاة في هذا المحل بخصوصه لم نر شيئاً في السنة ولا في كلام أصحابنا فهي بدعة ينهى عنها من يأتي بها بقصد كونها سنة في هذا المحل بخصوصه دون من يأتي بها لا بهذا القصد، كأن يقصد أنها في كل وقت سنة من حيث العموم



Imam Ibn Hajar al Hitamiy pernah ditanya: apakah disunnahkan membaca sholawat kepada Nabi SAW diantara salam2 sholat tarawih? Ataukah itu bi'ah yang dilarang?
Beliau menjawab: mengkhususkan  bacaan sholawat diantara salam2 sholat tarawih, kami tidak menemukannya dalam sunnah maupun perkataan sahabat. Itu adalah bid'ah yang dilarang. Lain halnya jika meyakini kesunnahan membaca sholawat secara umum, kapanpun, dimanapun. Maka yang demikian tidak mengapa.


- Imam Al-Kasani rahimahulLaah di dalam Badaai' As-Sonaai malah mengisyaratkan bahawa amalan berselawat ini daripada amalan salaf:

ومنها -أي سنن صلاة التراويح- أن الإمام كلما صلى ترويحة قعد بين الترويحتين قدر ترويحة يسبح، ويهلل ويكبر، ويصلي على النبي صلى الله عليه وسلم ويدعو... لأنه متوارث من السلف

"Antaranya - yaitu sunat2 solat taraawih - bahawa Imam setiap selesai solat satu tarwiihah, duduk antara dua tarwiihah bertasbih, bertahlil, bertakbir dan bersholawat kepada Nabi sallalLaahu 'alaihi wa sallam dan berdoa... Kerana ini yang diwarisi amalannya dari salaf."

Wallahu A'lam
 
Top