Assalamu’alaikum.
Tetangga saya meninggal dunia di Sumatera karena kecelakaan, sementara keluarga yang ada di Jawa Timur meminta jenazahnya dibawa pulang untuk dimakamkan di tanah kelahirannya. Bagaimana pandangan ulama menyikapi hal ini?

(Dari: Kava EL-Siraj).

Jawaban:

Wa ‘alaikum salam.
Mengenai hukum memindahkan jenazah sebelum dikuburkan dari tempat meninggalnya para ulama berbeda pendapat.

Ulama Syafi’iyah menyatakan bahwa haram hukumnya memindahkan mayat dari balad/negeri (tempat)  meninggalnya meskipun belum terjadi perubahan pada mayat karena termasuk menunda penguburan mayat dan juga perkara yang dapat menodai kehormatan mayat. Akan tetapi diperbolehkan memindahkan mayat untuk dikebumikan di tempat (balad) yang saling terhubung maupun yang berdekatan dan juga telah terjadi adat yang berlaku dalam masalah ini.

Hukum ketidak bolehan dalam madzhab ini kami fahami jika jarak tempuh dalam membawa jenazah tersebut jauh dan memakan waktu yang lama sehingga menyebabkan terjadinya perubahan pada mayat, hukum tersebut dapat berubah boleh jika jaraknya dekat maupun jauh namun dapat ditempuh dalam waktu yang singkat.

Ulama madzhab Hanbali menyatakan bahwa Tidak diperbolehkan memindahkan mayit dari satu tempat ke tempat lainnya kecuali untuk tujuan yang baik, misalnya dipindahkan ke tempat yang lebih mulia dari tempat sebelumnya. Ini adalah pilihan dari Imam Auza’i dan Imam Ibnu Mundzir. Pendapat ini didasarkan pada Hadits dari Abu Mulaikah yang menceritakan bahwa Abdul Rahman bin Abu Bakar meninggal di Habasyah kemudian dibawa ke Mekah untuk dikuburkan di sana, lalu Aisyah datang menziarahinya. Dan bila tidak ada tujuan yang baik maka tidak diperbolehkan.

Ulama madzhab Hanafi menyatakan bahwa memindahkan mayat sebelum dikuburkan hukumnya diperbolehkan baik jarak tempuhnya jauh ataupun dekat, dan bila telah dikuburkan maka haram untuk dipindahkan. Dan berdasarkan satu pendapat dari imam Sarkhasiy bahwa memindahkan mayat sebelum dikuburkan hukumnya makruh jika telah melewati jarak 2 mil.

Sementara itu ulama madzhab Maliki memberikan pernyataan yang lebih meringankan. Mereka menyatakan bahwa boleh memindahkan mayat sebelum maupun sesudah dikuburkan, dengan syarat tidak menyebabkan mayat terpecah saat pemindahannya sehingga menyebarkan bau busuk yang dapat menodai kehormatan mayat (menyebabkan aib bagi mayat). Ataupun bertujuan untuk maslahat seperti makamnya dikhawatirkan akan tergerus abrasi laut, juga untuk dipindahkan ke tanah yang lebih berkah dengan dimakamkan di antara keluarganya maupun dengan tujuan agar keluarganya lebih dekat dan mudah untuk menziarahinya.
Wallahu a’lam.

(Dijawab oleh: Al Murtadho).

Referensi:

Mughniy al Muhtaj juz 2 hal. 58 (Madzhab Syafi’i)

ويحرم نقل الميت) قبل أن يدفن من بلد موته (إلى بلد آخر) ليدفن فيه وإن لم يتغير لما فيه من تأخير دفنه ومن التعريض لهتك حرمته. قال الإسنوي: وتعبيرهم بالبلد لا يمكن الأخذ بظاهره بل الصحراء كذلك، فحينئذ ينتظم منها مع البلد أربع مسائل: من بلد لبلد، من بلد لصحراء، وعكسه، ومن صحراء لصحراء، ولا شك في جوازه في البلدتين المتصلتين أو المتقاربتين، لا سيما والعادة جارية بالدفن خارج البلد، ولعل العبرة في كل بلدة بمسافة مقبرتها

Rumah Fatwa Mesir (Daar al Ifta al Mishriyyah) juz 8 hal. 296

وقال الشافعية: يحرم نقله إلى محل آخر ليدفن فيه، حتى لو أمن تغيره إلا إذا جرت عادتهم بدفن موتاهم فى غير بلدتهم، ويستثنى من ذلك من مات فى جهة قريبة من مكة أو المدينة المنورة أو بيت المقدس، أو قريبا من مقبرة قوم صالحين فإنه يسن نقله إليها إذا لم يخش تغير رائحته، وإلا حرم، وهذا كله إذا كان قد تم غسله وتكفينه والصلاة عليه فى محل موته، وأما قبل ذلك فيحرم مطلقا

Al Mughniy li Ibni Qudamah juz 2 hal. 380 (Madzhab Hanbali)

فلا ينقل الميت من بلده إلى بلد آخر إلا لغرض صحيح. وهذا مذهب الأوزاعي، وابن المنذر. قال عبد الله بن أبي مليكة: توفي عبد الرحمن بن أبي بكر بالحبشة، فحمل إلى مكة فدفن، فلما قدمت عائشة أتت قبره ثم قالت: والله لو حضرتك ما دفنت إلا حيث مت، ولو شهدتك ما زرتك ولأن ذلك أخف لمؤنته وأسلم له من التغيير. فأما إن كان فيه غرض صحيح جاز

Radd al Mukhtar juz 6 hal. 428 (Madzhab Hanafi)

قوله وجوز نقل الميت) بتشديد الياء هنا والبعض فاعل جوز والمراد قبل الدفن خلافا لما ذكره الناظم من أن فيه خلافا بعد الدفن أيضا رادا على الطرسوسي، قال الشارح: وما ذكره من الخلاف لم نقف عليه من كلام العلماء، والظاهر أن الصواب مع الطرسوسي اهـ أي حيث لم يحك خلافا فيما بعد الدفن. (قوله مطلقا) أي بعدت المسافة أو قصرت (قوله وعن بعضهم إلخ) قال في البزازية: نقل الميت من بلد إلى بلد قبل الدفن لا يكره وبعده يحرم قال السرخسي وقبله يكره أيضا إلا قدر ميل أو ميلين

Syarh al Kabir juz 1 hal. 421 (Madzhab Maliki)

و) جاز (نقل) الميت قبل الدفن وكذا بعده من مكان إلى آخر بشرط أن لا ينفجر حال نقله وأن لا تنتهك حرمته وأن يكون لمصلحة كأن يخاف عليه أن يأكله البحر أو ترجى بركة الموضع المنقول إليه أو ليدفن بين أهله أو لأجل قرب زيارة أهله (وإن) كان النقل (من بدو) إلى حضر
 
Top