Pertanyaan :

Assalamu'aikum. . . .
Kalau sholat dipertengahan niat huruj ( keluar dari sholat ) kan batal. . Tapi kalau puasa batal juga nggak ya?

( Dari : Brandal Loka Jaya )

Jawaban :

Wa’alaikum salam warohmatullohi wabarokath
Niat memutuskan puasa itu hukumnya diperinci sebagai berikut :

1. Jika di malam hari sudah niat puasa, kemudian ia ‘memutus’nya sebelum munculnya fajar, maka niatnya rusak karena dianggap telah melakukan hal yang merusak niat, dan harus mengulangi niatnya lagi. Berbeda halnya jika setelah niat dimalam hari lalu ia makan sebelum fajar, niatnya tidak menjadi rusak.

2. Jika  memutus niat puasa tersebut dilakukan disiang hari, saat sudah menjalankan puasa, menurut pendapat yang lebih shahih ( ashoh ) puasanya  tidak batal. Hal ini berbeda halnya dengan sholat karena sholat memiliki kekhususan tersendiri diantara ibadah-ibadah lainnya, sebab dalam sholat terdapat hubungan, persambungan dan munajat langsung antara hamba dan Tuhannya.

( Oleh : Phutra Randu Alass, Teungku Fachry, Mazz Rofii, Siroj Munir )

Referensi :
1. Al Mausu’ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, Juz : 34  Hal : 52
2. Al Mausu’ah al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, Juz : 28  Hal : 27
3. Hasyiyah Al Baijuri Ala Syarhi Ibnul Qosim, Juz : 1  Hal : 289
4. Nihayatuz Zain, Hal : 89
5. Al Asybah Wan Nadho’ir, Juz : 1  Hal : 91

Ibarot :

Al Mausu’ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, Juz : 34  Hal : 52

ويقطع الصوم ما يبطله من أكل أو شرب أو جماع، ولا ينقطع الصوم بنية القطع عند الشافعية

Al Mausu’ah al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, Juz : 28  Hal : 27

ولو نوى الإفطار في أثناء النهار فمذهب الحنفية والشافعية أنه لا يفطر، كما لو نوى التكلم في صلاته ولم يتكلم، قال البيجوري: ويضر رفض النية ليلا، ولا يضر نهارا

Hasyiyah Al Baijuri Ala Syarhi Ibnul Qosim, Juz : 1  Hal : 289

قوله فلا بد من إيقاع النية ليلا أي لقوله صلى الله عليه وسلم من لم يبيت النية قبل الفجر فلا صيام له والتبييت إيقاع النية ليلا -الى أن قال- ويضر رفض النية ليلا ولايضر نهارا

Nihayatuz Zain, Hal : 89

فائدة العبادات بالنسبة إلى قطع النية أربعة أقسام قسم يبطل بمجرد قطع نيته اتفاقا وهو الإسلام والصلاة
وقسم لا يبطل بذلك اتفاقا وهو الحج والعمرة وقسم لا يبطل بذلك على الأصح وهو الصوم والاعتكاف
وقسم لا يبطل ما مضى منه على الأصح لكن يحتاج الباقي إلى تجديد نية وهو الوضوء والغسل

Al Asybah Wan Nadho’ir, Juz : 1  Hal : 91

نوى قطع الصوم و الاعتكاف لم يبطلا في الأصح لأن الصلاة مخصوصة من بين سائر العبادات بوجوه من الربط و مناجاة العبد ربه
 نوى الأكل أو الجماع في الصوم لم يضره
نوى فعل مناف في الصلاة كالأكل و الفعل الكثير لم تبطل قبل فعله
نوى الصوم من الليل ثم قطع النية قبل الفجر سقط حكمها لأن ترك النية ضد النية بخلاف ما لو أكل بعدها لا تبطل لأن الأكل ليس ضدها

 Oleh Siroj Munir di sini
 
Top