Dzikri Dzikrulloh
Assalamu'alaikum... Sah kah sholat ny si ma'mum yg ada di lantai 2, sedangkan imam di lantai bawah? Mhn pnjlasan n ibarot ny syukron !


Hassan Salihamidjic>>> Jarak yg disyaratkan mengenai posisi imam dan ma’mum dalam shalat. Ada tiga kriteria dalam posisi batas maskimal antara imam dan ma’mum

“الأول: إذا كانا في مسجد، صح الاقتداء، قربت المسافة بينهما أم بعدت لكبر المسجد، وسواء اتحد البناء أم اختلف، كصحن المسجد، وصفته، أو منارته وسرداب فيه، أو سطحه وساحته، بشرط أن يكون السطح من المسجد، فلو كان مملوكاً، فهو كملك متصل بالمسجد، وقف أحدهما فيه، والآخر في المسجد. وسيأتي في القسم الثالث إن شاء الله تعالى. وشرط البناءين في المسجد، أن يكون باب أحدهما نافذاً إلى الآخر. وإلا، فلا يعدان مسجداً واحداً. وإذا حصل هذا الشرط، فلا فرق بين أن يكون الباب بينهما مفتوحاً، أو مردوداً مغلقاً، أو غير مغلق. وفي وجه ضعيف: إن كان مغلقاً، لم يجز الاقتداء. ووجه مثله فيما إذا كان أحدهما على السطح، وباب المرقى مغلقاً. ولو كانا في مسجدين، يحول بينهما نهر، أو طريق، أو حائط المسجد من غير باب نافذ من أحدهما إلى الآخر، فهو كما إذا وقف أحدهما في مسجد، والآخر في ملك. وسيأتي إن شاء الله تعالى. وإن كان في المسجد نهر، فإن حفر النهر بعد المسجد، فهو مسجد فلا يضر، وإن حفر قبل مصيره مسجداً، فهما مسجدان غير متصلين. قال الشيخ أبو محمد: لو كان في جوار المسجد مسجد آخر منفرد بإمام، ومؤذن، وجماعة، فلكل واحد مع الآخر حكم الملك المتصل بالمسجد. وهذا كالضابط الفارق بين المسجد والمسجدين. فظاهره يقتضي تغاير الحكم، اذا انفرد بالأمور المذكورة، وإن كان باب أحدهما نافذاً إلى الآخر"

Sebagaimana yang tersebut diatas bahwa kriteria pertama adalah ketika imam dan ma’mum tersebut berada di masjid maka tidak ada permasalahan mengenai berapa batasan jarak yang pasti antara imam dan ma’mum, boleh dekat ataupun jauh. Misalnya saja imam berada di dalam amsjid sedangkan ma’mum berada di menara masjid. Akan tetapi dengan syarat bahwa tidak ada yang menghalangi antara imam dan ma’mum atau adanya sebuah jalan yang terbuka yang menghubungkan antara imam dan ma’mum. Ketika jalan tersebut tertutup maka meskipun dalam satu masjid maka tetap tidak sah.

Sedang untuk kriteria Kedua adalah ketika imam dan ma’mum tidak berada dalam masjid akan tetapi bangunan lain maka ada dua macam . macam yang pertama adalah ketika sahalat berjama’ah tersebut berada dalam rumah yang luas atau padang pasir maka jarak maksimal antara imam dan shaf yang pertama tidak boleh lebih dari 300 dzira’ ada dua pendapat mengenai hal ini. Ada yang mengatakan batas ini adalah batas maksimal. Artinya ketika lebih dari batas tersebut maka shalat jama’ahnya tidak sah. Ada pula pendapat yang mengatakan bahwa batas ini adalah batas kira-kira. Sedangkan untuk macam yang kedua adalah ketika shalat jama’ah tersebut dilaksanakan di tempat selain tempat tersebut diatas seperti contohnya di halaman rumah maka batas maksimal imam dengan ma’mum adalah 3 dzira’ dan psosisi ma’mum bsioa dibelakang imam pas, atau agak menyamping kiri atau menyamping kanan.

Jika agak menyamping Al Qaffal mengharuskan adanya pertemuan shaf antara banguna yang ditenpati imam dan yang ditempati ma’mum.

An nawawi menyebutnya

“الحال الثاني: أن يكون في غير مسجد، وهو ضربان

أحدهما: أن يكون في فضاء فيجوز الاقتداء، بشرط أن لا يزيد ما بينهما على ثلاث مائة ذراع تقريباً على الأصح. وعلى الثاني: تحديد. والتقريب مأخوذ من العرف على الصحيح، وقول الجمهور. وعلى الثاني: مما بين الصفين في صلاة الخوف. ولو وقف خلف الإمام صفان، أو شخصان، أحدهما وراء الآخر، فالمسافة المذكورة تعتبر بين الصف الأخير، أو الصف الأول، أو الشخص الأخير والأول، ولو كثرت الصفوف، وبلغ ما بين الإمام والاخير فرسخاً، جاز.

الضرب الثاني: أن يكونا في غير فضاء فإذا وقف أحدهما في صحن دار أو صفتها والآخر في بيت، فموقف المأموم، قد يكون عن يمين الإمام أو يساره، وقد يكون خلفه. وفيه طريقتان. إحداهما: قالها القفال وأصحابه، وابن كج، وحكاها أبو علي في «الافصاح» عن بعض الأصحاب: أنه يشترط فيما إذا وقف من أحد الجانبين، أن يتصل الصف من البناء الذي فيه الامام، إلى البناء الذي فيه المأموم، بحيث لا تبقى فرجة تسع واقفاً؛ فإن بقيت فرجة لا تسع واقفاً، لم يضر على الصحيح. ولو كان بينهما عتبة عريضة تسع واقفاً، اشترط وقوف مصلّ فيها وإن لم يمكن الوقوف عليها، فعلى الوجهين في الفرجة اليسيرة. وأما إذا وقف خلف الإمام، ففي صحة الاقتداء وجهان. أحدهما: البطلان. وأصحهما: الجواز إذا اتصلت المصفوف وتلاحقت. ومعنى اتصالها، أن يقف رجل، أو صف في آخر البناء الذي فيه الإمام، ورجل، أو صف في أول البناء الذي فيه المأموم، بحيث لا يكون بينهما أكثر من ثلاثة أذرع. والثلاث للتقريب."

Ketiga adalah ketika imam berada di masjid sedang ma’mum berada diluar masjid atau sebaliknya (dengan asumsi tidak ada penghalang antara imam dan ma’mum ) maka batas maksimal jarak antara imam dan ma’mum adalah 300 dzira’ (sekitar 150 meter). Selanjutnya ada perbedaan menganai mulai dari manakah 300 dzira’ itu diukur. Hal ini juga ada beberapa pendapat. batas itu bisa diukur mulai dari bagian terluar masjid dan bisa juga diukur dari tempat berdiri imam sampai shaf pertama.

”الحال الثالث: أن يكون أحدهما في المسجد، والآخر خارجه فمن ذلك، أن يقف الامام في مسجد، والمأموم في موات متصل به. فإن لم يكن بينهما حائل، جاز، إذا لم تزد المسافة على ثلاث مائة ذراع."

Selain itu, wahbah Zuhaily juga menyampaikan hal yang sama bahwa syarat sah qudwah adalah mengetahui perpindahan gerakan imam baik dari imam sendiri, atau dari perantara meskipun perantara sendiri bukanlah orang yang ikut dalam shalat jama’ah tersebut, atau dari ma’mum lainnya. Menganai posisinya wahbah zuhaily pendapatnya sama dengan jumhur ulama’ yang lain.

Silahkan dilihat dalam (An nawawi Raudlah at Thaalibin Daar al Fikr tt hlm 335, An nawawi Majmu’ Syarh Muhadzdzab juz 4 Daar al Fikr 1996 hlm 216, Wahbah Zuhayly Fiqh islamy wa Adillatuh juz II Daar al fikr Mesir 2002 hlm 1249-1251)
 
Top