Pertanyaan :

Mau tanya penting nich.... igmana hukumnya seorang wanita yang puasa qodho' pada tanggal 30 sya'ban padahal kan itu yaumus syak.... tapi kalau aku qodho' nanti kan malah dosa ?

( Dari : Luluk Achmed )

Jawaban :

Puasa yaumus syak hukum asalnya adalah harom menurut pendapat mu'tamad, dan makruh tanzih menurut satu pendapat, berdasarkan hadits nabi :

من صام يوم الشك فقد عصى أبا القاسم

" Barang siapa berpuasa pada yamus syak, maka ia telah durhaka pada Abul Qosim ( Nabi Muhammad ) "

Namun dikecualikan :
1. Jika sebelumnya sudah melakukan puasa
2. Puasanya bertepatan dengan kebiasaan puasanya ( seperti yamus syak jatuh pada hari senin, dan ia mempunyai kebiasaan puasa senin kamis )
3. Puasa nadzar
4. Qodho' puasa, walaupun yang diqodho' puasa sunat
5. Puasa membayar kafaroh.

Pengecualian ini berdasarkan sabda Nabi :

لا تتقدموا رمضان بصوم يوم أو يومين إلا رجل كان يصوم يوما ويفطر يوما فليصمه

" Janganlah kalian mendahului puasa romadhon dengan puasa sehari atau dua hari kecuali seorang lelaki yang berpuasa sehari dan berbuka sehari, maka diperbolehkan baginya untuk berpuasa "

Sedangkan puasa-puasa yang boleh dilakukan pada yaumus syak selain yang tercantum pada hadits tersebut hukumnya disamakan ( qiyas ) dengan pengecualian yang termuat dalam hadits tersebut karena kesamaan illat ( alasan ) hukumnya.

Jadi, kesimpulan jawaban dari pertanyaan diatas adalah boleh mengqodho' puasa pada yaumus syak.

( Oleh : Mazz Rofii )

Referensi :

1. I'anatut Tholibin, Juz : 2 Hal : 310

Ibarot :

قوله: وكذا يوم الشك) أي وكذلك يحرم صيام يوم الشك، لقول عمار بن ياسر: من صام يوم الشك فقد عصى أبا القاسم - صلى الله عليه وسلم -.رواه الترمذي وغيره، وصححوه.- الى أن قال -
 (قوله: ما لم يصله بما قبله) أي محل الحرمة ما لم يصل صوم ما بعد النصف بما قبله، فإن وصله به ولو بيوم النصف، بأن صام خامس عشره وتالييه واستمر إلى آخر الشهر، فلا حرمة.
(قوله: أو لم يوافق عادته) أي ومحل الحرمة أيضا ما لم يوافق صومه عادة له في الصوم، فإن وافقها - كأن كان يعتاد صوم يوم معين كالاثنين والخميس - فلا حرمة.
(قوله: أو لم يكن عن نذر الخ) أي: ومحل الحرمة أيضا: ما لم يكن صومه عن نذر مستقر في ذمته، أو قضاء، ولو كان القضاء لنفل، أو كفارة، فإن كان كذلك، فلا حرمة، وذلك لخبر الصحيحين: لا تقدموا - أي لا تتقدموا - رمضان بصوم يوم أو يومين إلا رجل كان يصوم يوما ويفطر يوما فليصمه.
وقيس بما في الحديث من العادة: النذر، والقضاء، والكفارة - بجامع السبب -.


 Oleh Siroj Munir di SINI
 
Top