PERTANYAAN
* NieRhenie C'guadistTaurus Thuea
assalamualaikum, ustadz&ustadzah , mf saya mau tanya kn skrang banyak nieh aplikasi" dan Al-Qur'an juga ada aplikasinya d handphone, pertanyaan nya apa sma hukum nya membaca al-qur'an d handphone sma d al-qur'an sperti biasanya? 
terimakasih d tunggu jawaban nya , 

JAWABAN
 Hidan Annaccounda^^ yo sama to...selagi memperhatikan tata caranya...

 Al-ghorib Lilmuta'allim^^ Sama ajja kalo bacanya yg hurufnya benar dan yg bacanya juga ngerti 
* Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam

Cuma nambahin aja:

HUKUM MENYENTUH APLIKASI AL-QURAN TANPA WUDHU
PERTANYAAN
> Fikhyaa Kaemier
Menyentuh aplikasi al-quran dalam hp boleh gk?
(Pertanyaan via Inbox)

JAWABAN
>Ismidar Abdurrahman As-Sanusi

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين. أما بعد. اللهم صلى على سيدنا محمد وعلى أل سيدنا محمد

Saudari q yang insya Allah dimuliakan oleh Allah...!

Masalah menyentuh aplikasi al-Quran yang terdapat pada HP, PC, KOMPUTER dan sejenisnya memang sudah sering dipermasalahkan didunia maya (dumay), bahkan didunia nyata pun sering dipermasalahkan, termasuk pertanyaan tersebut sering dilontarkan kepada saya. Sebelum kita masuki pada pembahasan masalah hukum menyentuh aplikasi al-Quran yang terdapat dalam Hp atau sejenisnya maka terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu Mushaf? Karena yang diharamkan menyentuh ialah menyentuh Mushaf. 

Perhatikan Ibarot berikut :

والمراد بالمصحف كل ما كتب في شيء من القرآن بقصد الدراسة كلوح أو عمودا او جدار كتب عليه شيء من القرآن للداسة

Nihaayah az-Zain hal. 32

Berdasarkan keterangan dalam kitab Nihaayah az-Zain diatas : Mushaf adalah setiap sesuatu yang ditulis al-Quran dengan tujuan untuk belajar atau dibaca.
Lalu, kalau demikian berarti aplikasi al-Quran yang terdapat dalam hp, pc dan sejenisnya dikategorikan sebagai mushaf karena ia dipasang untuk dibaca bukan untuk dipajang?

Menurut pemahaman-ku: Tidaklah demikian, karena aplikasi yang terdapat pada HP, PC dan sejenisnya adalah pancaran sinar yang keadaannya tidak tetap, terkadang nampak, dan terkadang hilang, dan sesuatu yang dikatakan tulisan adalah sifatnya tetap. Selain itu, didalam PC maupun HP berisi beragam isi, dan file sehingga aplikasi al-Quran merupakan bagian kecil dari file-file yang ada dalam PC, KOMPUTER DAN HP.

Lagi pula, aplikasi al-Quran yang terdapat dalam HP, PC dan sejenisnya merupakan pancaran yang dihasilkan dari sinar bukan tulisan. Jadi, Pendapat yang saya ikuti juga merupakan hasil Bahtsul Masail bahwa Aplikasi al-Quran yang terdapat dalam HP, PC, KOMPUTER, dan sejenisnya bukan termasuk mushaf sehingga boleh membacanya dan menyentuhnya dalam keadaan tanpa wudhu. Namun sebagai bentuk ikhtiath (kehati-hatian) sebaiknya ketika dihidupkan aplikasinya tidak boleh dibawa ke WC dan sejenisnya sebagai bentuk memuliakan dan menghormati al-Quran. Namun ketika membaca dan menyentuhnya tidak wajib ada wudhu karena ia bukan termasuk mushaf. Namun sebagai kesmpurnaan dan memuliakan al-Quran sebaiknya berwudhu ketika menyentuhnya. Tapi, hukum wudhu ini tidak wajib, hanya sebagai ikhtiath dan memuliakan al-Quran saja.

Dasar Pengambilan Hukum :

وقوله " كتابة " وضابط المكتوب عليه كل ما نبت عليه الخط كرق وثوب سواء كتب بحبر أو نحوه ونقر صور الأحرف في حجر أو خشب أو خطها على الأرض، فلو رسم صورتها في هواء أو ماء فليس كتابة في المذهب كما قاله الزيادي 

Hasyiyah Bujairomi ala al-Khothiib III/498

وليس من الكتابة ما يقص بالمقص على صورة حرف القرآن من ورق أو قماش فلا يحرم مسه، وينبغي أن يكون بحيث يعد لوحا للقرأن عرفا، فلو كبر جدا كباب عظيم فالوجه عدم حرمة مس الخالي منه عن القرآن، ويحتمل أن حمله كحمل المصحف في أمتعة

Nihaayah al-Muhtaaj I/124

ويؤخذ منه أنه لو نقش القرآن على خشبة وختم بها الأوراق بقصد القراءة وصار يقرأ يحرم مسها ، وليس من الكتابة ما يقص بالمقص على صورة حروف القرآن من ورق أو قماش فلا يحرم مسه ا ه قول المتن

Tuhfah al-Muhtaaj II/132

قراءة القرآن من الجوال هل يشترط لها الطهارة؟

السؤال
يوجد في بعض الجوالات برامج القرآن تستطيع ان تتصفح منها القرآن في أي وقت على شاشة الجوال، فهل يلزم قبل القراءة من الجوال الطهارة ؟

الجواب
الحمد لله هذه الجوالات التي وضع فيها القرآن كتابة أو تسجيلا، لا تأخذ حكم المصحف، فيجوز لمسها من غير طهارة، ويجوز دخول الخلاء بها، وذلم لأن كتابة القرآن في الجوال ليس ككتابته في المصاحف، فهي ذبذبات تعرض ثم نزول وليست حروفا ثابتة، والجوال مشتمل على القرآن وغيره

Al-Islaam Sual wa al-Jawaab, Fatwa no. 106961

Wallahu A'lamu Bis Showaab.

 
Top