PERTANYAAN
> Ifan Ghufron
Assalamualaikum,,,, mau tanya mas mbk,,,, sah atau tidak ketika solat menggunakan mukena yg nerawang,,, sampai kulit,a terlihat,,,,,??? Makasih

JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam

Diantara syaratnya shalat ialah harus menutup aurat, yang dinamakan penutup aurat tidak hanya mukena akan tetapi setiap sesutu yang bisa menutup anggota yang menjadi aurat dalam shalat. Sedangkan apabila mukena yang dipakai ketat sehingga memperlihatkan lekuk tubuh maka sholatnya tetap sah akan tetapi memakai yang demikian hukumnya makruh bagi wanita dan khutsa dan khilaful Aula bagi laki-laki. Akan tetapi kalau mukena tersebut memperlihatkan warna kulit maka jelas tidak sah karena syarat penutup aurat tidak terlaksa.

Wallahu A'lam

اعانة الطالبين ص112-113 جز1
وثالثها ستر رجل وامة ما بين سرة وركبة وستر حرة ولو صغيرة غير وجه وكفين بما لا يصف لونا اى لون البشرة فى مجلس التخاطب كذا ضبط بذلك احمد ابن موسى ابن عجيل ويكفى ما يحكى لحجم الاعضاء لكنه خلاف الاولى (قوله ويكفى ما يحكى الخ) اي ويكفى جرم يدرك الناس منه قدر الاعضاء كسراويل الضيقة وقوله حلاف الاولى اي للرجل واما المرأة والخنثى فيكره لهما.

حاشية القليوبي :
( وشرطه ) أي الساتر ( ما منع إدراك لون البشرة ولو ) هو ( طين وماء كدر ) 

 
Top