PERTANYAAN  
> Ãbdûl Ãzïs Ñåbåwï
 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...
 .
 Mau brtnya lgi nih
  Kan klo air suci mensucikan di cmpur dngan air yg suci tdk  mensucikan,  mka air'nya jdi suci tdk mensucikan... Tpi klo air suci tdk  mensucikan'nya sedikit gmna ustadz ? Ap air yg di campur tdi tetap mnjdi  air yg suci tdk mensucikan ?
 itu ajha dlu ustadz... Syukran  

JAWABAN

Wa'alaikumussalam

Jika  oleh sebab pencampuran tersebut mengakibatkan hilangnya kemutlakan air  maka dihukumi tidak lagi mensucikan bila perubahannya banyak karena pada  dasarnya air tersebut tidak akan disebut dengan sesuatu yang mengikat.  Seperti air suci dicampur sesuatu yang  suci seperti dicampur dengan teh sehingga menjadi air teh, maka air ini  tidak lagi suci mensucikan. Sehingga tidak boleh digunakan bersuci.  Berbeda jika perubahan yang terjadi hanya sedikit seperti hanya berbau,  seperti berbau susu, teh, kaporit.

KESIMPULAN :
Bila  pencampuran air mutlak dengan air yang ghairu muthohir tersebut banyak  hingga tidak bisa disebut dengan sesuatu yang mencampurinya seperti air  teh, pada asalnya sebelum jadi air teh ia thohir tetapi dengan  dicampurnya teh didalamnya hingga air ini tidak bisa disebut selain  sesuatu yang mencampurinya seperti air teh tadi maka hukumnya menjadi  thohir tetapi ghoiru mutahhir. Air ini memang statusnya suci tetapi pada  hakikatnya tidak munsucikan lagi sehingga tidak bisa digunakan bersuci.  
~~ Bila pencampuran air ghoiru muthohhir kepada  air thohhir itu sedikit sehingga air itu hanya disebut semisal air  berbau teh misalnya, berbau susu, kaporit maka hukumnya MUTHL

(  قَالَ ) وَإِذَا وَقَعَ فِي الْمَاءِ شَيْءٌ حَلاَلٌ فَغَيَّرَ لَهُ  رِيحًا أَوْ طَعْمًا وَلَمْ يَكُنِ الْمَاءُ مُسْتَهْلَكًا فِيهِ فَلاَ  بَأْسَ أَنْ يَتَوَضَّأَ بِهِ وَذَلِكَ أَنْ يَقَعَ فِيهِ الْبَانُ أَوْ  الْقَطِرَانُ فَيَظْهَرُ رِيحُهُ أَوْ مَا أَشْبَهَهُ وَإِنْ أُخِذَ مَاءٌ  فَشِيبَ بِهِ لَبَنٌ أَوْ سَوِيْقٌ أَوْ عَسَلٌ فَصَارَ الْمَاءُ  مُسْتَهْلَكًا فِيهِ لَمْ يُتَوَضَّأْ بِهِ ِلانَّ الْمَاءَ مُسْتَهْلَكٌ  فِيهِ إنَّمَا يُقَالُ لِهَذَا مَاءُ سَوِيْقٍ وَلَبَنٍ وَعَسَلٍ مَشُوْبٌ  اهـ

Al-Umm I/21

 فَالْجَوَابُ  وَاللهُ الْمُوَفِّقُ لِلصَّوَابِ أَنَّ تَغَيُّرَ اْلمَاءِ  بِالْكَدُوْرَاتِ وَنَحْوِهَا مِنَ اْلأَشْيَاءِ الطََّاهِرَةِ لاَ  يَسْلُبُ طَهُوْرِيَّتَهُ وَإِنْ تَغَيَّرَ رِيْحُهُ فَيَبْقَى طَاهِرًا  مُطَهِّرًا عَلَى اْلأَصْلِ وَإِذَا عُوْلِجَ بِمَا ذُكِرَ فِي السُؤَالِ  مِنَ اْلأَدْوِيَّةِ لِتَصْفِيَّتِهِ كَانَ ذَلِكَ نَوْعَ تَرَفُّهٍ  ِلأجْلِ التَنْظِيْفِ لاَ ِلأَجْلِ التَّطْهِيْرِ بِشَرْطِ أَنْ تَكُوْنَ  تِلْكَ اْلأَدْوِيَةُ غَيْرَ نَجِسَةٍ وَحِيْنَئِذٍ فَيَصِحُّ الْوُضُوْءُ  وَسَائِرُ أَنْوَاعِ الطَّهَارَةِ بِالْمَاءِ الْمَذْكُوْرِ قَبْلَ  الْمُعَالَجَةِ أَوْ بَعَدَهَا اهـ

Qurratul 'Ain Bi Fatawi Isma'il az-Zain hal. 47

Wallahu A'lamu Bis Showaab.

> Abdullah Al-Jamal 
Nyumang ta'bir :

والقسم  الثالث طاهر في نفسه غير مطهر لغيره وهو الماء المستعمل في رفع أو إزالة  نجس ان لم يتغير ولم يزد وزنه بعد انفصاله عما كان بعد اعتبار ما يتشربه  المغسول من الماء والمتغير أي ومن هذا القسم الماء المتغير أحد أوصافه بما  أي بشيء خالطه من الطاهرات تغيرا يمنع  اطلاق اسم الماء عليه فإنه طاهر غير طهور حسيا كان التغير أو تقديريا كان  اختلط بالماء ما يوافقه في صفاته كماء الورد المنقطع الرائحة والماء  المستعمل فان لم يمنع اطلاق اسم الماء عليه بأن كان تغيره بالطاهر يسيرا أو  بما يوافق الماء في صفاته وقدر مخالفا ولم يغيره فلا يسلب طهوريته فهو  مطهر لغيره واحترز بقوله خالطه عن الطاهر المجاور له فإنه باق على طهوريته  ولو كان التغير كثيرا وكذا المتغير بمخالط لايستغنى الماء عنه كطين وطحلب  وما في مقره وممره والمتغير بطول المكث فإنه طهور

Pembagian  yang ketiga adalah suci tapi tidak mensucikan yaitu air musta’mal (air  yang telah digunakan) untuk menghilangkan hadast atau najis apabila  tidak berubah dan timbangannya tidak bertambah setelah pisahnya air dari  air yang menyerap pada sesuatu yang akan dibasuh dan air yang berubah  atau dari pembagian ini air yang berubah salah satu sifatnya sebab  bercampur dengan sesuatu yang suci sekiranya perubahannya dapat mencegah  kemutlakan air sehingga air menjadi suci tapi tidak mensucikan baik  perubahan yang nyata atau perkiraan seperti bercampur dengan sesuatu  yang sama dengan sifat-sifar air seperti air kembang yang terpisah  baunya dan air musta’mal, maka jika kemutlakan air tidak tercegah  sekiranya perubahan sebab benda suci itu sedikit atau sebab sesuatu yang  sama sifatnya dengan air kemudian air tersebut tidak berubah maka tidak  sampai menghilangkan kesucian air tersebut sehingga dapat mensucikan  lainnya. Dikecualikan dengan ucapan pengarang (air yang bercampur)adalah  air yang berdampingan dengan benda lain sekiranya dapat  dibedakan/dipisahkan, maka air tersebut tetap suci dan mensucikan  meskipun perubahannya terhitung banyak seperti halnya perubahan sebab  sesuatu yang bercampur yang airnya tidak mencukupi seperti tanah liat,  ganggang, sesuatu yang ada ditempatnya air dan tempat mengalirnya air  serta perubahan sebab lamanya berdiam diri, maka air tersebut suci dan  mensucikan.
(Fath al-Qariib al-Mujiib bab Miyaah)

 
Top