PERTANYAAN

Assalamu'alaykum
Pk ust,alfi mau Nanya, langsung aja ya.
Itu yang saya tau , shalat sendirian dg shalat brjamaah kan beda,dalam mendapatkan ganjaran. Nah berjama'ah yg di maksud ini,berjama'ah di masjid/di Rumah? Apa perbedaan diantara Nya? (Jama'ah di Rumah sama Di masjid)
Trimakasii

JAWABAN

Wa'alaikumussalam

Bagi laki-laki lebih utama dimasjid dan uga dihasilkan fadhilah jamaah dirumah dengan istrinya.

- Kitab Kifayatul Akhyar

واعلم أن الجماعة تحصل بصلاة الرجل في بيته مع زوجته وغيرها لكنها في المسجد أفضل

- Kitab Mughnil Muhtaaj (1/229)

نعم لو كان إذا ذهب إلى المسجد وترك أهل بيته لصلوا فرادى أو لتهاونوا أو بعضهم في الصلاة أو لو صلى في بيته لصلى جماعة وإذا صلى في المسجد صلى وحده فصلاته في بيته أفضل

- Kitab Mughnil Muhtaaj 

وجماعة المرأة والخنثى في البيت أفضل منها في المسجد

- Kitab Hasyiyah al-Bajuri (1/193)

وتحصل فضيلة الجماعة بصلاته بزوجته أو نحوها بل تحصيله الجماعة لأهل بيته أفضل. 
***********************************************************
وَبَحَثَ الْإِسْنَوِيُّ كَالْأَذْرَعِيِّ أَنَّ صَلَاتَهُ فِي الْمَسْجِدِ لَوْ كَانَتْ تُفَوِّتُ الْجَمَاعَةَ لِأَهْلِ بَيْتِهِ كَزَوْجَتِهِ كَانَتْ صَلَاتُهُ بِبَيْتِهِ أَفْضَلَ مِنْ صَلَاتِهِ بِالْمَسْجِدِ وَظَاهِرُهُ وَإِنْ كَثُرَ جَمْعُ الْمَسْجِدِ وَقَلَّ جَمْعُ الْبَيْتِ لِأَنَّ حُصُولَهَا لَهُمْ بِسَبَبِهِ رُبَّمَا عَادَلَ فَضِيلَتَهَا فِي الْمَسْجِدِ أَوْ زَادَ عَلَيْهِ فَهُوَ كَمُسَاعَدَةِ الْمَجْرُورِ مِنْ الصَّفِّ كَمَا فِي شَرْحِ م ر 

solat berjamaah di masjid TIDAK LEBIH BAIK bila meninggalkan solat jama’ah keluarga di rumah. artinya bila ketidak hadirannya mengakibatkan hilangnya solat jamaah di rumah, maka si laki-laki lebih baik solat berjamaah di rumah.
albujairomi ala alkhothib 1 / 290 


Mengapa Wanita lebih utama di rumah? 

Karena dengan hadirnya wanita dimasjid akan banyak mengundang fitnah apalagi bila wanitanya masih seger (cantik menawan)

ويكره لها حضور جماعة المسجد إن كانت مشتهاة ولو في ثياب مهنة أو غير مشتهاة وبها شيء من الزينة أو الريح الطيب وللإمام أو نائبه منعهن حينئذ كما له منع من تناول ذا ريح كريه من دخول المسجد

Bagi wanita dimakruhkan menghadiri jamaah dimasjid jika wanita tersebut masih seger (masih bisa disyahwati/dihasrati) walaupun pakai baju yg terjaga atau wanita tersebut sudah tidak dihasrati tapi ia pakai perhiasan atau pakai parfumboleh bagi sang imam atau naibnya untuk mencegah wanita tersebut menghadiri jamaah di masjid sebagaimana diperbolehkan bagi imam atau naibnya mencegah masuk masjid bagi orang yg makan makanan yg berbau.
Nihaayah az-Zain II/140 

Wallahu A’lamu Bis Showaab


 
Top