PERTANYAAN
Ismidar Abdurrahman As-Sanusi >> Assalamu'alaikum Tadi aku shalat maghrib dimasjid secara munfarid, eeh tiba_tiba ada yg menepuk pundak kanan q (mungkin dia kehendaki ia bermakmum pada q). Ketika keadaan seperti itu aku lanjutkn saja membaca surah, tanpa menoleh ke belakang bahkan tidak berniat menjadi imam, tetapi aq kuatkan bacaan takbirnya supaya dia bisa mengikuti aq. Apakah yg aq lakukan salah? Lalu apa solusinya? Apa yg kita lakukan ketika ada yg menepuk pundak kita? Apa boleh menoleh kebelakang supaya yakin memang ad yg mw bermakmum? Apkh tidak apa_apa kita tdk berniat menjadi imam? Apkh jika tdk menjadi imam berpahala? Karena baru kali ini saya mengalaminya. Mhn keterangannya, kalau bisa dg rujukan yg jelas kalau bisa tuliskan ta'birnya..
Thank you
JAWABAN
Wa'alaikumsalam.
Menepuk punggung imam Hukumnya ditafshil sebagai berikut :
▪Mubah (boleh), kalau hanya menyentuh semata
▪Haram, kalau mengakibatkan imam sangat terkejut
▪Makruh, kalau mengakibatkan imam terkejut sedikit atau membuat persepsi dari orang lain bahwa menyentuh tersebut hukumnya sunah atau wajib
▪Sunah, kalau tidak sampai menimbulkan imam terkejut atau bahkan dapat mengingatkan imam agar dia niat menjadi IMAM.
(ويحرم ) على كل أحد ( الجهر ) في الصلاة وخارجها ( إن شوش على غيره) من نحو مصل أو قارىء أو نائم للضرر ويرجع لقول المتشوش ولو فاسقا لأنه لا يعرف إلا منه وما ذكره من الحرمة ظاهر لكن ينافيه كلام المجموع وغيره فإنه كالصريح في عدمها إلا أن يجمع بحمله على ما إذا خاف التشويش
قوله على ما إذا خاف التشويش) اي وما ذكره المصنف من الحرمة علي ما اذا اشتد وعبارة الايعاب ينبغي حمل قول المجموع وان اذى جاره علي ايذاء خفيف يتسامح به بخلاف جهر يعطله عن القراءة بالكلية فينبغي حرمته
[ Mauhibah Dzil Fadhl, Minhaj al-Qawiim I/255 ].
فائدة كل مباح يؤدي إلى زعم الجهال سنية أمر أو وجوبه فهو مكروه
[ Tanqiih al-Fataawaa al-Haamidiyyah II/334 ].
( ونية إمامة ) أو جماعة ( سنة لإمام في غير جمعة ) لينال فضل الجماعة… وإن نواه في الأثناء حصل له الفضل من حينئذ
[ Fath al-Mu’iin II/20 ]
Ismidar Abdurrahman As-Sanusi >> Berarti Haro dunk tadi, ketika dia menepuk pundak saya saya terkejut? Jadi kalau Harom gmn dunk?. Jika imam tidak juga berniat sebagai imam apa hukum sholat tersebut baik bagi imam atau pn makmum apakah masih mendapatkan pahala jamaah atau bagaimana?
Masaji Anggoro >>
Wa'alaikumussalam
Imam tidak harus berniat menjadi imam, dan sahlah jamaahnya bila imam tidak berniat jadi imama. Hanya saja bila imam tidak berniat menjadi imam maka tidak mendapatkan fadhilah jamaah. Namun makmum tetap mendapatkan fadhilah berjamaah jika ia berniat mengikuti imam. Sedangkan bagi makmum wajib berniat mengikuti imam jika tidak berniat mengikuti imam maka sholatnya tidak sah.
ولا يصح قدوة بمن اعتقد بطلان صلاته)... (ولا) قدوة (بمقتد) ولو احتمالا، وإن بان إماما. وخرج بمقتد من انقطعت قدوته، كأن سلم الامام فقام مسبوق فاقتدى به آخر صحت، أو قام مسبوقون فاقتدى بعضهم ببعض صحت أيضا - على المعتمد - لكن مع الكراهة. (فتح المعين)
قوله: صحت) محل الصحة في هذه الصورة وفي الثانية التي بعدها في غير الجمعة، أما فيها فلا تصح القدوة في الصورتين عند الجمال الرملي، وفي الصورة الثانية عند ابن حجر. أما في الصورة الاولى فتصح عنده، لكن مع الكراهة، أفاده الكردي (قوله: لكن مع الكراهة) ظاهره أنه مرتبط بالصورة الثانية، وهو أيضا ظاهر عبارة شيخه في التحفة، وظاهر عبارة النهاية أنه مرتبط بالصورتين، كما نبه عليه ع ش، وعبارته: قوله لكن مع الكراهة، ظاهر في الصورتين، وعليه: فلا ثواب فيها من حيث الجماعة. وفي ابن حجر التصريح برجوعه للثانية فقط والكراهة، خروجا من خلاف من أبطلها. اهـ. (إعانة الطالبين حاشية على فتح المعين)
Wallahu A'lamu Bis Showaab.