PERTANYAAN  
> Ibnoe S. Aliey On
Assalamualaikum 
Ya ustadz/ustadzh
Langsung sja sya mao na.a bagaimanA hukum.a org junub berpuasa? gtu aj (syukron) 

JAWABAN

Wa'alaikumussalam

Berpuasa  hukumnya SAH meskipun dalam keadaan Junub karena puasa tidak  disyaratkan suci dari hadatas dan najis. Hail ini tidak terjadi  perbedaan pendapat dikalangan Syafi'iyyah.

22  - يَصِحُّ مِنْ الْجُنُبِ أَدَاءُ الصَّوْمِ بِأَنْ يُصْبِحَ صَائِمًا  قَبْل أَنْ يَغْتَسِل (1) فَإِنَّ عَائِشَةَ وَأُمَّ سَلَمَةَ قَالَتَا :  نَشْهَدُ عَلَى رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أِنْ  كَانَ لِيُصْبِحُ جُنُبًا مِنْ غَيْرِ احْتِلاَمٍ ثُمَّ يَغْتَسِل ثُمَّ  يَصُومُ (2) .
__________
(1) البدائع 1 / 38 ، والمغني 3 / 109 ، والمهذب 1 / 188 - 189 ، وجواهر الإكليل 1 / 152 - 153 .
(2)  حديث : " أن عائشة وأم سلمة قالتا : نشهد على رسول الله صلى الله عليه  وسلم إن كان ليصبح جنبا من غير احتلام ثم يغتسل ثم يصوم " أخرجه البخاري (  الفتح 4 / 153 - ط السلفية ) .

Berpuasa hukumnya SAH  bagi orang junub seperti orang yang memasuki shubuh sebelum ia menjalani  mandi besar karena Aisyah dan Ummu Salamah Radhiyallahu ‘anhuma berkata  :
“ Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam  memasuki waktu subuh dalam keadaan junub karena jima’ dengan isterinya,  kemudian ia mandi dan berpuasa” (Hadits Riwayat Bukhari 4/153)
Al-Badaa-i' I/38, Al-Mughni III/109, Al-Muhadzdzab I/188-189, Jawahir al-Iklil I/152-153

Al-Mausuah al-Fiqhiyyah XVI/55

إذا  جامع في الليل وأصبح وهو جنب صح صومه بلا خلاف عندنا وكذا لو انقطع دم  الحائض والنفساء في الليل فنوتا صوم الغد ولم يغتسلا صح صومهما بلا خلاف  عندنا

Al-Majmu' VI/307 


Wallahu A'lamu Bis Showaab



 
Top