PERTANYAAN
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Bagaimana hukum bisnis MLM yg banyak dilakukan saat ini. (Sulaiman Aljanbari)
JAWABAN Wa’alaikumussalam
BISNIS MULTI LEVEL
HASIL KEPUTUSAN MUSYAWAROH PONPES MUS KARANG MANGU SARANG REMBANG TAHUN KE-34
01. Deskripsi masalah
Krisis ekonomi Ttelah memberikan implikasi terhadap lemahnya daya beli masyarakat, sementara persaingan dibidang usaha terus meninfkat. Hal ini mendorong beberapa perusahaan menerapkan kiat-kiat tertentu dalam memasarkan produknya, diantaranya dengan menggunakan sistem multi level marketing (MLM) seperti CNI, DXN, Rich Exl. Pers dan lain-lain. Dalam sistem ini seseorang dapat menjadi anggota (distributor) dengan cara membeli produk perusahaan tersebut dalam jumlah tertentu dan membayar uang administrasi, kemudian dia akan mendapatkan komisi apabila bisa mendapatkan anggota (Down Line) atau point dalam jumlah tertentu, semakin banyak anggota atau point yang diperoleh maka semakin besar pula komisi yang didapat. Yang menarik dari sistem ini bila anggota yang dibawah mendapat Down Line atau point maka anggota yang diatasnya ikut terdongkrak (bertambah anggota atau pointnya).
Pertanyaan:
a. Termasuk kategori aqad apakah praktek MLM tersebut?
b. Apakah praktek tersebut diatas dapat dibenarkan syara’?
c. Apabila tidak boleh bagaimana solusi bagi orang yang telah menjadi anggota MLM?
(PP. Al-Falah Plosi Kediri)
Jawaban NO. 01 Bag . A
Praktek tersebut termasuk Ju’alah dan Bai’ yang fasid
- Ju’alah fasidah karena :
1. Amalnya tidak ada kulfah (beban)
2. Iwadlnya ( upah ) tidak maklum ( dalam dongkraannya )
3. Ada syarat bai’ dalam akad
- Bai; fasid karena dijadikan syarat dalam akad Ju’alah
Ibarat :
I’anatut Tholibin Juz : III Hal : 123 Alfiqh alal madzahib al-arba’ah Juz : III Hal : 228 Hasyiyah Al-Syarqowi Juz : II Hal : 53
( وعبارته : وهي يتثليث الجيم شرعا التزام عوض معلوم على عمل معين او مجهول عشر عمله وأركانها اجمالا أربعة : الركن الأول العاقد وهو الملتزم للعوض ولو غير المالك والعامل - إلى أن قال - الركن الثاني الصيغة وهو من طرف الجاعل لا العامل - إلى أن قال - الركن الثالث الجعل ما شرط فيه ما شرط في الثمن فما لا يصح ثمنا لكونه مجهولا او نجسا لا يصح جعله جعلا ويستحق العامل أجرة المثل في المجهول والنجس المقصود - إلى أن قال - الركن الرابع العمل والشرط فيه كلفه وعدم تعينه فلا جعل فيما لاكلفه فيه
( اعانة الطالبين الجزء الثالث ص 123 )
( وعبارته : الحالة الخامسة : أن يكون الشرط مما لايقتضية العقد ولم يكن لمصلحته وليس شرطا في صحته او كان لغوا ، وذلك هو الشرط الفاسد الذي يضر بالعقد ، كما اذا قال له يعتك بستانا هذا بشرط أن تبيعنى دارك ، او تقرضنى كذا ، او تعطينى فائدة مالية ، وانما يبطل العقد بشرط ذلك اذا كان الشرط في صلب العقد ، أما اذا كان فبله ولو كتابة فإنه يصح إه
( كتاب الفقه على المذاهب الأربعة الجزء الثانى ص 228 )
( وعبارته : ( وبيع ) كبيع بشرط بيع أو قرض للهني عنه في خبرأبى داود وغيره ( قوله كبيع بشرط الخ ) كبعتك ذاالعبد بألف بشرط أن تبيعنى دارك بكذا ، او تقرضنى مائة من الدراهم ، قم ان أوقعوا العقد الثانى بأن باعه الدار أو اقرضه مع علمهما بفساد الأول صح ولال فلا ومحل فساد الأول ان وقع الشرط في الصلب العقد والا فلا يضر إه
( حاشية الشرقاوى الجزء الثانى ص 53 )
Jawaban NO. O1 Bag . B
Tidak dibenarkan (Haram)
Ibarat :
1. Ghoyatu Talkhishil murod Hal. 122
2. Al-Asybah wan nadhoir Hal : 287
وعبارته : ( مسئلة ) تعاطى العقود الفاسدة حرام إذا قصد بها تحقيق حكم شرعي وبأثم العالم بذلك زبعزر لا ما صدر عنه تلاعبا او لم يقصد به تحقيق حكم لم يثبت مقتضاه عليه إه
( غاية تلخيص المراد ص 122 )
وعبارته : القاعدة الخامسة تعاطى العقود الفاسدة حرام كما يؤخذ من كلام الأصحاب في عدة مواضع إه
( الأشبه والنظائر ص 287 )
Jawaban NO. 01 Bag . C
Karena dia sudah melakukan praktek akad yang tidak sah maka dia wajib keluar dari sistem tersebut dan bila sudah menerima barang dan komisi maka wajib mengembalikannya. Dan dia hanya berhak mendapatkan ujroh misil.
Catatan :
Bagi seluruh kaum muslimin harap waspada dengan praktek semacam ini, karena ada diantara sistem semacam ini melakukan penipuan.
Ibarat :
1. Ghoyatu Talkhishil murod Hal. 122
2. Al-Asybah wan nadhoir Hal : 287
وعبارته : ( مسئلة ) تعاطى العقود الفاسدة حرام إذا قصد بها تحقيق حكم شرعي وبأثم العالم بذلك زبعزر لا ما صدر عنه تلاعبا او لم يقصد به تحقيق حكم لم يثبت مقتضاه عليه إه
( غاية تلخيص المراد ص 122 )
وعبارته : القاعدة الخامسة تعاطى العقود الفاسدة حرام كما يؤخذ من كلام الأصحاب في عدة مواضع إه
( الأشبه والنظائر ص 287 )
Jawaban NO. 01 Bag . C
Karena dia sudah melakukan praktek akad yang tidak sah maka dia wajib keluar dari sistem tersebut dan bila sudah menerima barang dan komisi maka wajib mengembalikannya. Dan dia hanya berhak mendapatkan ujroh misil.
Catatan :
Bagi seluruh kaum muslimin harap waspada dengan praktek semacam ini, karena ada diantara sistem semacam ini melakukan penipuan.
Ibarat :
1. Asnal Matholib Juz : II Hal : 3
2. Al-Hawi Lil-Fatawi Juz : I Hal : 109
( فعلى الأول ) وهو عدم صحة البيع بالمعطاة المقبوض بها كالمقبوض بالبيع الفاسد فيطالب كما صاحبه بما دفع اليه ان بقي وببدله ان تلف
( أسنى المطالب الجزء 2 ص 3 )
وعبارته : اعلم ان كل من ارتكب معصية لزمه المبادرة الى التوبة منها والتوبة يشترط فيها ثلاثة أشياء أن يلقع عن المعصية في الحال وان يندم على فعلها وان يعزم ان لايعود اليها ، والتوبة من حقوق الآميين يشترط هذه الثلاثة ورابع وهو رد الظلامة الى صاحبها وطلب عفوه عنها والإبراء منها
( الحاوى للفتاوى الجزء الأول ص 109 )
Wallahu A’lam
Link Asal: https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1072177336163584/
MUJAWWIB: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Link Dokumen: https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/022-muamalah-hukum-bisnis-malam-multi-level-marketing/1072429802805004/